Hindari Risiko Penularan Covid-19 di Bioskop, Tim Manajemen Batasi Pengunjung

Ilustrasi Bioskop
Ilustrasi Bioskop dengan Protokol Covid-19.

Makassar, SULSELSEHAT. COM — Manajemen Cinema XXI akan memastikan pembukaan tiga bioskop di Makassar akan bebas dari penularan virus corona atau Covid-19 yang saat ini masih mengancam kesehatan dan sektor lain masyarakat.

Head of Corporate Communications & Brand Management, Cinema XXI, Dewinta Hutagaol mengatakan, pihaknya memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat akan dilakukan di area bioskop.

JANGAN LEWATKAN :

“Hari ini, Sabtu (21/11) bioskop di tiga maal resmi kita buka untuk umum. Pembukaan ini dilakukan sebagai uji coba setelah mendapatkan izin dan rekomendasi dari Pemerintah Kota Makassar,” katanya dalam pernyataannya, Sabtu (21/11/2020).

Ketiga bioskop yang dibuka kembali yakni Panakukkang XXI, TSM XXI, dan M’tos XXI. Penerapan protokol kesehatan ketat yang akan diberlakukan antara lain membatasi pengunjung dalam tiap studio. Setidaknya, 50 persen dari total yang ada sebelumnya.

BACA:  Tembus 9.123 Kasus, Hari Ini Sulsel Tambah 132 Pasien Baru Positif Covid-19

“Hal ini untuk keamanan, kesehatan dan kenyamanan seluruh pengunjung dan petugas kami. Cinema XXI mengikuti instruksi pemerintah daerah seperti kapasitas hanya 50 persen dalam studio bioskop,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga tidak akan memperkenankan para pengunjung bioskop untuk makan dan minum di dalam studio.

Mereka hanya boleh melakukan itu saat berada di lobby di meja dan kursi yang telah disiapkan. Transaksi pembelian makan juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi.

“Pengunjung hanya mengonsumsi makanan dan minuman di area lobby di mana meja dan kursi tersedia, serta mewajibkan pengunjung untuk melakukan transaksi pembelian tiket serta makanan dan minuman secara online (melalui aplikasi),” jelasnya.

Sebagai upaya untuk memastikan protokol kesehatan dilakukan dengan baik, pihaknya menempatkan sejumlah informasi untuk mengingatkan pengunjung menerapkan protokol kesehatan, mengaplikasikan floor-marking di lingkungan bioskop, menyediakan kode QR untuk penelusuran kontak, dan menyediakan hand sanitizer di area bioskop.

BACA:  Perketat Pemeriksaan Suket Bebas Covid-19, Dishub Makassar Turunkan 300 Personel

Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan sabun cuci tangan yang selalu tersedia di toilet bioskop, serta penerapan physical distancing di seluruh lingkungan bioskop termasuk di dalam studio. Petugas bioskop akan dilengkapi dengan masker, sarung tangan, dan face shield saat bertugas.

“Saat melakukan uji coba pembukaan kembali bioskop, pihaknya berupaya melakukan yang terbaik untuk menerapkan protokol kesehatan di lingkungan bioskop,” ujarnya.

Namun ia juga meminta kerjasama dari para penonton setia agar tercipta lingkungan yang aman dan nyaman. Seluruh pengunjung dimohon untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tangan selama berada di lingkungan bioskop, serta dianjurkan untuk tetap berada di rumah bila merasa kurang sehat.

“Marilah kita bersama-sama mendisiplinkan diri untuk menerapkan protokol kesehatan saat berada di lingkungan bioskop,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PEAI) Sulawesi Selatan Prof Ridwan Amiruddin mengaku, langkah yang perlu dilakukan dalam mencegah terjadinya penularan di area bioskop yakni menerapkan secara ketat protokol kesehatan.

BACA:  Covid-19 Meluas, 71 Satpol PP Makassar Terpapar

Antara lain, menyiapkan sarana tempat cuci tangan menggunakan sabun sebelum memasuki bioskop, dan menggunakan masker.

Kemudian, memastikan yang datang adalah orang-orang yang sehat atau bukan yang masuk dalam kelompok rentan (beresiko) terpapar Covid-19.

“Jangan kelompok yang berisiko, seperti lansia usia diatas 60 tahun, anak-anak dan memiliki penyakit penyerta atau komorbid, (jantung, diabetes dan hipertensi). Kelompok ini sebaiknya tidak diberikan akses untuk masuk,” terangnya.

Aturan ketat penggunaan masker juga harus diawasi dengan baik. Pasalnya ventilasi di dalam bioskop menggunakan AC central sehingga potensi terjadinya penularan virus melalui aerosol sangat besar.

“Ini memang tantangannya karena hampir seluruh ventilasi bioskop itu menggunakan AC Sentral. Jadi salah satu poinnya adalah memastikan pengunjungnya menggunakan masker yang benar dan tepat. Karena sampai sekarang belum ada bioskop yang tidak menggunakan AC ataupun berada di ruangan terbuka,” ujarnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT