Besok, RS Faisal Makassar Siapkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Ojol

RSI Faisal Makassar
RSI Faisal Makassar [Foto: IST]

Makassar, SULSELSEHAT — Rumah Sakit Islam (RSI) Faisal Makassar menawarkan pemeriksaan kesehatan gratis kepada seluruh driver ojek online yang ada di Kota Makassar.

Kegiatan ini akan berlangsung di Pelataran RSI Faisal Makassar, Jumat, 4 Desember 2020, besok.

JANGAN LEWATKAN :

Humas RSI Faisal Makassar Andi Aan Mustaman mengatakan, pemeriksaan gratis ini merupakan kegiatan dari Program Jumat Berkah yang memang telah menjadi agenda rutin pihak rumah sakit.

Sebelum adanya pandemi virus corona atau Covid-19, program Jumat Berkat ini dilakukan dengan berbagi makanan, maka dengan adanya pandemi ini kegiatan dibuat dalam bentuk pemeriksaan kesehatan.

BACA:  Tambah 188 Kasus Baru Positif Covid-19, Sulsel Mantap di Posisi 3 Nasional

“Karena adanya pandemi kita vakum bagi-bagi makanan lagi di masjid. Makanya kita ganti dengan kegiatan seperti ini dengan tujuan yang sama untuk berbagi ke masyarakat,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (3/12/2020).

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan dengan menyasar ojek online menjadi pilihan karena ojek online saat ini dinilai menjadi salah satu kelompok yang rentan terpapar resiko penyakit, termasuk Covid-19.

Sehingga sudah selayaknya mereka mendapat fasilitas pemeriksaan kesehatan, meskipun hanya sebatas pemeriksaan kesehatan dasar.

“Kita kan lihat ojek online tetap bekerja dengan maksimal meskipun di tengah pandemi seperti ini. Sehingga mereka diharuskan untuk selalu menjaga kesehatannya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan yang akan hadirkan antara lain konsultasi kesehatan, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol dan pemeriksaan asam urat. Adapun kuota yang akan disiapkan yakni 100 hingga 150 orang.

BACA:  Keluarga Berpotensi jadi Klaster Baru Penularan Covid-19

“Seluruh pemeriksaan kita tawarkan secara gratis. Untuk usia ojek online yang akan melakukan pemeriksaan minimal 45 tahun keatas,” tegasnya.

Sementara untuk persyaratan peserta yang akan melakukan pemeriksaan yakni mereka adalah driver ojek online dari platform manapun, memakai atribut ojek online, menggunakan masker dan memperlihatkan aplikasi ojek online kepada petugas di posko pemeriksaan.

Andi Aan mengatakan, untuk petugas pemeriksaan yang akan diturunkan antara lain dokter, analis, dan perawat. Sementara untuk pelaksanaannya akan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT