Cegah Penularan Covid-19, Kampanye Penggunaan Masker Diperkuat untuk Pedagang Pasar

Pasar Tradisional
Ilustrasi, menggunakan masker jadi salah satu penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional. (Sumber foto: Int)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Asosiasi Pasar Rakyat Indonesia (Asprindo) Makassar kembali menggencarkan kampanye penggunaan masker bagi para pedagang di pasar tradisional.

Hal ini dilakukan untuk mendukung gerakan 3M guna mencegah penularan Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

Apalagi pasar dinilai menjadi zona yang sangat rentan terjadinya penularan virus yang telah menyebabkan ribuan orang meninggal dunia.

Koordinator Asprindo Makassar Muhammad Hatta mengatakan, pedagang pasar dinilai menjadi elemen yang rentan terpapar Covid-19, sebab setiap harinya dituntut untuk terlibat langsung dengan banyak orang.

BACA:  Wasapada! Sebagian Besar Pasien Covid-19 Miliki Riwayat Hipertensi

Kendati seluruh pasar di Makassar susah diatur dengan regulasi protokol kesehatan, namun penjual maupun pembeli juga harus tetap meningkatkan kewaspadaannya.

“Kampanye yang dilakukan ini juga berkaitan dengan Festival Pasar Rakyat 2020. Kami membagikan masker kepada para pedagang di sejumlah pasar tradisional,” katanya dikonfirmasi, Jumat (4/12/2020).

Kegiatan yang bekerjasama dengan lembaga pembiayaan ini juga melakukan pembagian flyer yang berisikan informasi tentang cara penggunaan masker yang baik dan benar.

Menurut Hatta, kampanye menggunakan masker dinilai perlu terus didorong. Pasalnya sejauh ini masih terlihat keteledoran dalam menggunakan masker, utamanya oleh para pedagang.

Olehnya, tujuan utama pembagian masker tersebut yakni untuk mengajak masyarakat agar lebih taat dan patuh dalam menjalankan protokol kesehatan. Dimulai dari gerakan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

BACA:  136 Kasus Baru Positif Covid-19 di Sulsel, Turun Peringkat Keempat Nasional

“Kita ingin mengajak masyarakat khususnya pedagang untuk bersama-sama agar mencegah terjadinya penularan Covid-19,” tegasnya.

Sebanyak 2.600 masker yang dibagikan oleh pihaknya dengan menyasar lima pasar tradisional di Makassar. Di antaranya, Pasar Pa’baeng-baeng, Makassar Mall, Maricaya, dan Pasar Senggol.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT