Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Ruang ICU di RS Mulai Penuh

Ilustrasi penanganan pasien Covid-19.
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Foto: Kompas.com)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Jumlah pasien terkonfirmasi virus corona atau Covid-19 terus mengalami peningkatan di beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, salah satunya di Kota Makassar.

Penambahan kasus ini pun berdampak pada penuhnya ruang Intensive Care Unit (ICU) di beberapa rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

Ketua Tim Epidemiologi Covid-19 Kota Makassar Ansariadi mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh dari rumah sakit rujukan Covid-19 di Makassar, saat ini kapasitas rumah sakit telah terisi 90 persen oleh pasien Covid-19.

“Rumah sakit penuh, tempat isolasi juga makin bertambah kalau ini terjadi maka situasi ini bisa saja akan semakin parah. Di Makassar saja kasus harian ini 300 hingga 400 kasus dan sebagian besarnya melakukan perawatan di rumah sakit,” katanya, Kamis (7/1/2021).

BACA:  Ini 4 Kecamatan di Makassar yang Tembus Angka 300-an Positif Covid-19

Ia mengaku, adanya kondisi ini mengartikan bahwa kapasitas layanan kesehatan mulai kusulitan untuk menampung pasien positif Covid-19 di rumah sakit.

“Jika terjadi peningkatan pasien di rumah sakit, tenaga kesehatan kita akan kewalahan. Makanya kami sudah pikirkan untuk menambah tempat tidur di rumah sakit, dan rencana juga ditambah tempat ruang isolasi di rumah sakit,” terang Asriadi.

Sementara, Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar dr Wachyudi Muchsin mengatakan, kenaikan kasus saat ini merupakan akumulasi dari aktivitas dan mobilitas yang terjadi sepanjang akhir tahun 2020 kemarin. Di antaranya, aktivitas berlibur, dan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Desember 2020.

“Termasuk pula aktivitas berkumpul bersama teman dan keluarga yang tidak se rumah,” terangnya.

BACA:  523 Nakes Gugur Akibat Covid-19, Sulsel Terbanyak di Luar Pulau Jawa

Dirinya pun berharap agar masyarakat meminta untuk tidak menganggap remeh pandemi Covid-19.

“Okupansi ruang isolasi di Makassar sudah di atas 85 persen dan ruang ICU atau unit perawatan intensif di atas 80 persen. Daerah-daerah lain juga sama saja, pasien terus bertambah,” terangnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT