Alkes di Lokasi Bencana Masih Terbatas, RSGMP Unhas Kirimkan Pakaian dan Peralatan Operasi

Gambar Gravatar

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Universitas Hasanuddin menyalurkan bantuan berupa alat dan bahan kesehatan untuk menunjang proses penanganan tim medis di lokasi bencana yakni di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Direktur RSGMP Unhas drg. Andi Tajrin menjelaskan, bantuan yang diberikan merupakan donasi dari berbagai pihak. Gerakan ini juga adalah kerjasama antara Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas, Persatuan Ahli Bedah Mulut Indonesia (PABMI) dan Yayan Celebes Cleft Center yang bersama-sama menggalang bantuan untuk disalurkan kepada korban.

JANGAN LEWATKAN :

BACA:  Menkes Kirim Ambulans, Alkes hingga Obat-obatan untuk Tindakan Medis di Sulbar

“Bantuan yang disalurkan ini berfokus pada alat dan bahan kesehatan, termasuk pakaian dan alat operasi. Pasalnya alat kesehatan tersebut sangat kurang dilokasi bencana,” jelasnya, Jumat (22/1/2021).

Ia menyebutkan, beberapa alat kesehatan lainnya antara lain hazmat, masker N95, masker bedah, masker kain, boot, nurse cap, handscoon dan face shield.

“Alat dan bahan kesehatan tersebut digunakan untuk operasi bagi korban bencana. Ketersediaannya sangat penting untuk memastikan tim kesehatan memberikan pelayanan tetap aman dari paparan Covid-19,” katanya.

Penanganan medis yang dilakukan di lokasi bencana dipimpin langsung oleh Guru Besar Ilmu Bedah Unhas Prof. Idrus A. Paturusi.

drg. Tajrin mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan ini menjadi agenda rutin dilaksanakan oleh RSGMP Unhas jika terjadi bencana di Indonesia.

BACA:  Tim Medis Unhas di Sulbar: Peralatan Kesehatan dan Tenaga Medis Sangat Dibutuhkan!

“Selain sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial, juga sebagai penguatan peran Unhas sebagai humaniversity,” katanya lagi.

Dengan adanya bantuan tersebut pihaknya berharap penanganan dan prosedur kesehatan berjalan dengan baik untuk membantu proses pemulihan korban pasca bencana.

“Unhas dan berbagai unit kerja di dalamnya terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam upaya membantu korban pasca bencana di Sulawesi Barat,” ujar drg. Tajrin.

Direktur RS Regional Sulawesi Barat dr. Indah Nursyamsi menyampaikan terimakasihnya atas bantuan yang diserahkan pihak rumah sakit.

“Bantuan yang disalurkan sejauh ini sangat kita butuhkan dalam membantu penanganan korban, termasuk dalam tindakan medisnya. Termasuk bantuan seluruh pihak yang telah mengirimkan bantuan tenaga kesehatan, logistik dan lainnya,” singkatnya.

BACA:  BTKLPP Makassar Kirim Mobil Lab Bergerak untuk Tes PCR Covid-19 Bagi Korban Gempa Sulbar

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT