Berita Baik! Hari Ini Tidak Ada Kasus Baru Covid-19 di 11 Propinsi

Achmad Yurianto, selaku Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Indonesia
dr Achmad Yurianto, Juru Bicara Gugust Tugas Covid-19 Nasional.

Jakarta, SULSELSEHAT – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional mencatat ada 11 provinsi yang tidak melaporkan penambahan kasus Covid-19 baru pada hari ini, Senin 22 Juni 2020.

“Ada 11 provinsi yang melaporkan tanpa ada kasus baru,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto dalam keterangan persnya, Senin (22/06/2020).

JANGAN LEWATKAN :

Ke-11 provinsi yang dimaksud, lanjut Yuri, yakni Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, DI Yogyakarta, Jambi, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Lampung, Papua Barat, Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu total kasus sembuh yang dilaporkan hari ini adalah 331 orang, dengan akumulasi mencapai 18.735 orang se-Indonesia.

BACA:  Masih Pandemi, WHO Minta Arab Saudi Tunda Haji 2020

Sejumlah provinsi melaporkan penambahan angka pasien sembuh yang lebih tinggi dibanding kasus positif Covid-19 baru, diantaranya adalah Jawa Barat dengan 17 kasus baru dan sembuh 24 orang, Nusa Tenggara Barat 11 kasus baru dan 13 sembuh, Gorontalo 3 kasus baru dan 4 sembuh.

Pada hari ini Provinsi Yogyakarta tidak memiliki pertambahan kasus baru dan melaporkan 7 sembuh, Kalimantan Barat tidak ada kasus baru dengan tiga sembuh dan Sumatera Barat tidak ada kasus baru namun melaporkan dua sumbuh.

Uji pemeriksaan yang dilakukan berdasarkan penggunaan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di 121 laboratorium, Test Cepat Melokuler (TCM) di 98 laboratorium dan laboratorium jejaring (RT-PCR dan TCM) di 248 lab.

BACA:  Bertambah 1 Lagi, Covid-19 di Palopo Kini 5 Kasus, 3 Orang Telah Sembuh

Jumlah akumulasi data kasus tersebut diambil dari hasil uji pemeriksaan spesimen sebanyak 10.926 pada hari sebelumnya, Minggu kemarin dan total akumulasi yang telah diuji adalah 650.311.

Jubir Covid-19 Indonesia itu juga mengungkapkan bahwa angka spesimen tersebut menurun drastis dari hari sebelumnya, sebab ada sebanyak 20 laboratorium yang tidak melaksanakan pemeriksaan dikarenakan libur.

“Sebagian besar ini adalah laboratorium rumah sakit yang kemudian libur dari aktivitas, dan baru memulainya pada hari Senin pagi hari ini,” ungkap Yuri.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT