Kabar Baik! Vaksin Covid-19 Indonesia Berhasil Lalui 8 dari 15 Tahapan Pengembangan

Ilustrasi vaksin virus corona atau Covid-19
Ilustrasi vaksin virus corona atau Covid-19. (Foto: kompas.com)

Jakarta, SULSELSEHAT — Masyarakat Indonesia patut optimis dengan upaya yang dilakukan pemerintah pusat dalam menghasilkan vaksin virus corona atau Covid-19.

 

Pasalnya Tim Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dapat mengembangkan vaksin dalam waktu cepat.

JANGAN LEWATKAN :

Juru Bicara Tim Satgas Komunikasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro menyebutkan, dari 15 tahapan yang harus dilalui dalam pengembangan, calon vaksin dari Indonesia berhasil melewati 8 tahapan dan akan menuju ke 7 langkah berikutnya di mana butuh waktu lebih lama.

BACA:  Begini Tanggapan Publik Soal Kebijakan Pemkot Makassar Kenakan Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Covid-19

Olehnya, pihaknya memprediksikan vaksin Covid-19 ini akan tersedia pada pertengahan 2021 mendatang.

“Ini perkembangan yang baik, berita yang menggembirakan dari dunia ilmu pengetahuan terutama kemajuan teknologi kesehatan,” kata dr. Reisa dalam pernyataan resminya yang diterima Sulselsehat.com, Selasa (7/7).

Tak hanya itu, dr. Reisa mengungkapkan, sudah ada beberapa jenis calon vaksin yang mulai diujikan kepada manusia.

Setidaknya ada lima calon vaksin yang dalam tahap uji klinis pada saat ini, yakni di Cina, tiga di Amerika Serikat, dan dua di Inggris.

“Dan ada dua uji coba kita lakukan di Australia, Jerman, dan Rusia,” terangnya.

Saat vaksin Covid-19 tersedia, pihaknya akan memproduksi secara massal dan akan tersedia bagi masyarakat Indonesia.

BACA:  Penanganan Covid-19 Jadi Prioritas, DP akan Luncurkan Program Makassar Recover

“Vaksin akan diutamakan diberikan ke populasi masyarakat berisiko yaitu lanjut usia atau mereka yang punya penyakit penyerta atau komorbid,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, upaya pembuatan vaksin tersebut tidak dilakukan sendiri melainkan melibatkan perusahaan vaksin Indonesia bekerjasama dengan perusahaan di Korea Selatan.

Menurutnya, upaya yang dilakukan ini sebagai tanggungjawab pemerintah, serta kerjasama antar negara dalam mengatasi persoalan Covid-19 yang hingga saat ini masih menjadi permasalahan dunia.

“Indonesia pun telah setuju melakukan upaya bersama memproduksi vaksin untuk melindungi diri seluruh masyarakatnya,” terangnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT