Pastikan Pemberian Vaksin Covid-19 Aman, Pemerintah Siapkan Roadmap Vaksinasi

Ilustrasi vaksin virus corona atau Covid-19
Ilustrasi vaksin virus corona atau Covid-19. (Foto: kompas.com)

Makassar, SULSELSEHAT. COM — Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI terus melakukan upaya untuk menyelesaikan proses uji klinis vaksin virus corona atau Covid-19 yang akan diberikan ke masyarakat.

Seiring penyelesaian uji klinis atau fase 3 pengembangan vaksin Covid-19 ini. Kemenkes RI sedang fokus untuk menyelesaikan peta jalan atau roadmap vaksinasi Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

“Roadmap ini nantinya akan menjadi panduan dalam tahapan vaksinasi termasuk panduan yang mengatur tentang penerima vaksin, jadwal vaksin dan alur distribusi vaksin,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam pernyataan resminya, Selasa (10/11/2020).

BACA:  Bertambah Lagi 3 Orang, Total Positif Covid-19 Palopo Jadi 35 Kasus

Ia mengungkapkan, saat ini proses penyusunan roadmap sedang dalam tahap finalisasi. Olehnya, ia berharap agar masyarakat tidak terpengaruh dengan berbagai informasi dan pemberitaan simpang siur seputar vaksin Covid-19 tersebut.

“Saya ingin mengimbau agar masyarakat tidak resah dan khawatir, karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi World Health Organization (WHO),” tegas Prof Wiku.

Menurutnya, hingga saat ini, WHO optimis bahwa para peneliti akan mampu mengembangkan vaksin Covid-19 yang aman dan efektif bagi masyarakat.

Apalagi, ada beragam jenis vaksin potensial yang sedang dikembangkan di berbagai belahan dunia dan telah masuk uji klinis fase 3. Sehingga banyak masyarakat menaruh harapan terhadap ketersediaan vaksin Covid-19 ini.

BACA:  6 Kecamatan di Makassar Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19

Pemerintah sendiri saat ini tengah mengakselerasi persiapan logistik dan sumber daya manusia (SDM) untuk persiapan vaksin Covid-19.

Pendistribusian vaksin akan disesuaikan dengan urutan prioritas seperti kelompok berisiko serta penduduk dengan risiko wilayahnya.

“Meski demikian kami berharap tidak semata-mata menunggu vaksin dan mengabaikan protokol kesehatan. Untuk saat ini, taat protokol kesehatan adalah satu-satunya jalan terhindar dari Covid-19,” tutup Prof Wiku.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT