Pemerintah akan Fokus Percepat Sistem Layanan Kesehatan Lewat Digitalisasi

Gambar Gravatar
Ilustrasi layanan kesehatan berbasis digital.
Ilustrasi layanan kesehatan berbasis digital. (Foto.klikdokter.com)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Transformasi sistem kesehatan dengan fokus pada upaya pembangunan sistem kesehatan pasca pandemi Covid-19 yang tangguh dan berkelanjutan menjadi topik penting yang dibahas pada pertemuan virtual roundtable discussion dengan tema “Value in Healthcare” .

Pertemuan yang digelar atas kerja sama Kementerian Kesehatan Saudi Arabia dengan World Economic Forum (WEF) ini membahas bagaimana value-based healthcare dapat mempercepat perubahan layanan kesehatan tersebut. Terutama saat pandemi Covid-19 berlalu.

JANGAN LEWATKAN :

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, value-based healthcare merupakan pendekatan pelayanan kesehatan yang berfokus pada dampak kesehatan yang dicapai oleh individu/pasien.

BACA:  Total Jenazah Covid-19 yang Dimakamkan di Macanda Gowa Tembus 438 Orang

Pendekatan ini mengedepankan upaya pencegahan dan pemanfaatan digitalisasi sehingga beban biaya kesehatan dapat dikurangi.

“Sangat penting di era saat ini membangun sistem kesehatan yang menjamin keberlanjutan dan efisiensi penyelenggaraan pelayanan kesehatan,” katanya dalam pernyataannya, Kamis (21/1/2021).

Olehnya, dalam mencapai hal tersebut diperlukan pendekatan inovatif dan kolaboratif untuk terus memperkuat kapasitas pelayanan kesehatan saat ini dan di masa mendatang.

Terkait dengan penyelenggaraan pelayanan kesehatan, dirinya menilai bahwa sistem kesehatan di Indonesia masih berfokus pada pengobatan dibanding pencegahan.

Padahal, dengan mengedepankan tindakan promotif preventif dapat mencegah timbulnya penyakit kronis serta dapat mengurangi beban pembiayaan kesehatan.

“Dalam sistem kesehatan kita, justru lebih fokus menyembuhkan orang sakit daripada membentuk orang sehat, padahal kita harus perkuat preventifnya,” katanya.

BACA:  37 Pejabat Fungsional RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar Dilantik, Menkes: Fokus Pada Vaksinasi Covid-19

Selain menyoroti seputar efisiensi penyelenggaraan pelayanan kesehatan, dirinya juga berupaya untuk membangun kesehatan di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi serta menjalin kemitraan dengan sektor publik maupun privat.

Budi meyakini dengan menghadirkan layanan berbasis digital maka akan semakin memudahkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan, sehingga derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya bisa tercapai.

“Saya sangat percaya bahwa pemanfaatan big data, Artificial Intelligence (AI) maupun Internet of Things (IoT) akan sangat mengubah sistem kesehatan di Indonesia,” katanya.

Sekadar diketahui, pertemuan ini merupakan tindaklanjut dari Presidensi G20 Arab Saudi Tahun 2020 dengan agenda melakukan upaya peningkatan sistem kesehatan melalui value-based healthcare.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT