2 Balita Asal Pangkep Derita Penyakit Kronis, Butuh Uluran Tangan Dermawan

Ilustrasi Balita Gizi Buruk
Ilustrasi Balita Gizi Buruk.

Pangkep, SULSELSEHAT – Dua orang balita dari Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) menderita penyakit kronis dan butuh perawatan medis yang memadai.

 

Keduanya adalah Adibudi Arwan berusia 2 tahun, berasal dari Pulau Sapuka dan Awan Alkhafid berusia 4 bulan, warga Pulau Langkoitang, Kecamatan Liukang Tangaya, Pangkep.

Hal ini terungkap dalam keterangan yang disampaikan oleh relawan Jaringan Kemanusiaan Irfan Samsir kepada SulselSehat.com, Kamis (16/07/2020).

“Kedua adik tersebut setidaknya butuh penanganan medis yang memadai, mengingat penyakit yang diidapnya bukan penyakit biasa,” kata Irfan.

Ia menjelaskan bahwa Adibudi Arwan menderita gizi buruk kronis sehingga membuat tubuhnya mengurus dan kini tidak bisa berjalan dengan baik.

Sementara Awan Alkhafid menderita penyakit hydrocephalus sehingga kepalanya terus membesar setiap hari akibat timbunan cairan di rongga otak.

Balita di Pangkep

Irfan yang ditunjuk oleh Jaringan Kemanusiaan sebagai penanggung jawab penampingan kedua anak ini menuturkan, kasus itu ditemukan oleh relawan mereka yang kebetulan tinggal di pulau yang sama.

Sejak itulah, mereka terus mendampingi agar keduanya segera mendapat pengobatan yang memadai di rumah sakit.

“Adibudi Arwan penderita gizi buruk itu sudah berada di RS Wahidin (Makassar). Sementara Awan Alkhafid penderita hydrosefalus masih berada di pulau menunggu jadwal pemeberangkatan kapal, rencana tgl 18 nanti akan dilarikan ke Makassar guna mendapat tindakan medis,” jelasnya.

Jaringan Kemanusiaan dengan official akun Instagram @jkemanusiaan merupakan organisasi relawan kemanusiaan yang berdiri pada 20 Desember 2016 di Pangkep.

Selama ini mereka dikenal aktif mendampingi masyarakat kepulauan di daerah itu agar mendapatkan layanan kesehatan yang memadai.

Untuk kasus yang menimpa kedua balita nahas ini, Jaringan Kemanusiaan membuka donasi di rekening BRI nomor 1664-0100-3423-503 atas nama Sofyan. Kontak person yang dapat dihubungi adalah Irfan (0823-1626-8602) dan M. Ramli (0853-3333-5840).

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT