Kader PKK di Sulsel Diminta Ajak Masyarakat Berani Vaksin Covid-19

Gambar Gravatar

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Untuk menyukseskan program vaksinasi virus corona atau Covid-19 terutama bagi masyarakat, seluruh stakeholder diminta untuk mengambil peran.

Termasuk bagi seluruh kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di wilayah Sulawesi Selatan.

JANGAN LEWATKAN :

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Lies F Nurdin menegaskan, proses vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat akan segera dilaksanakan. Sehingga, agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan sesuai target maka masyarakat diminta untuk mendukung program tersebut.

“Kita sudah mengimbau kepada seluruh kader PKK di kabupaten/kota agar pada setiap kesempatan senantiasa menyosialisasikan kepada masyarakat agar tidak takut divaksin. Apalagi dengan melihat seluruh kepala daerah dan tenaga kesehatan telah di vaksin,” katanya, Kamis (11/2/2021).

BACA:  Pj Walikota Makassar Harap Pramuka Bantu Penanganan Covid-19

Menurutnya, program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat harus mendapat dukungan seperti pada pelaksanaannya kepada tenaga kesehatan. Pasalnya, pemerintah telah berupaya melindungi masyarakat dari bahaya Covid-19, dengan menghadirkan vaksin.

“Vaksin Covid-19 saat ini masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan masyarakat umum. InsyaAllah vaksin ini jadi solusi agar kita terbebas dari pandemi Covid-19,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian mengatakan, TP PKK memiliki peran dalam meningkatkan kesehatan keluarga. Khususnya dalam menerapkan protokol kesehatan. Pandemi mempengaruhi semua aspek kehidupan masyarakat.

“Kader PKK harus paham program vaksinasi Covid-19 ini. Meskipun vaksinasi bukan hal yang baru, tapi harus disosialisasikan mengingat banyaknya masyarakat yang meragukan vaksin ini,” kata Tri.

BACA:  Petugas Akan Pasang Stiker di Kendaraan yang Telah Diperiksa Suket Bebas Covid-19

Tri menambahkan, sosialisasi sangat penting dilakukan untuk memberikan informasi yang benar ke masyarakat mengenai vaksin Covid-19.

Ia berharap, TP PKK memahami apa itu vaksinasi Covid-19, dan tetap bersinergi dengan pemerintah daerah dan unsur pemerintah lainnya, agar program ini lebih efektif.

Sementara, Pelaksana Harian Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementrian Kesehatan dr. Kartini Rustandi mengatakan, semua pihak perlu mendorong pemutusan mata rantai Covid-19.

Pemerintah telah mengupayakan menggandeng organisasi kemasyarakatan untuk upaya promotif preventif.

“PKK memiliki kader wanita hingga ke akar rumput, dan selama ini telah bermitra dengan pemerintah daerah dalam mensosialisasikan protokol kesehatan,” kata dr. Kartini.

Lanjutnya, di tengah-tengah masyarakat sekarang ini masih ada dinamika dan keraguan terhadap vaksin Covid-19. Karena itu, ia berharap pemerintah daerah, dan unsur terkait lainnya dapat bekerjasama bersama TP PKK dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

BACA:  32 Nakes di Takalar Positif Covid-19, Diduga Terjangkit Saat Rapid Test Warga

“Yang terpenting adalah edukasi, kita berikan informasi yang baik dan benar kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT