Plt Gubernur Sulsel Imbau Puskesmas di Daerah Difungsikan Maksimal

Andi Sudirman Sulaiman
Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan perhatian khusus pada kondisi puskesmas yang ada disetiap daerah.

“Kami imbau agar pemerintah daerah terus mendorong fungsi maksimal puskesmas sebagai pusat kesehatan masyarakat. Selain itu, menjadikan puskesmas sebagai fasilitas kesehatan rawat inap,” kata Andi Sudirman, Kamis (4/3/2021).

JANGAN LEWATKAN :

Menurutnya, perlunya peran dan fungsi puskesmas terus didorong untuk membantu kondisi rumah sakit yang membludak sewaktu-waktu.

Dengan demikian, jika kondisi puskesmas baik, maka dapat menampung pasien-pasien yang tidak tertampung di rumah sakit daerah.

BACA:  Daerah Diimbau Bentuk Lokasi Isolasi Terpusat untuk Pasien Covid-19

“Makanya sangat perlu puskesmas di daerah perlu di bangun dengan fasilitas rawat inap untuk menampung masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan. Apalagi jika wilayahnya cukup jauh dari rumah sakit umum daerah,” ujarnya.

Selain fungsi puskesmas, dirinya juga berharap agar seluruh tenaga kesehatan yang ada terus ditingkatkan kapasitas keilmuannya.

Sebagaimana diketahui, tenaga kesehatan di puskesmas, seperti promotor kesehatan selalu turun langsung ke lapangan untuk melakukan pencegahan preventif untuk potensi warga yang sakit (memiliki penyakit).

“Jika kebutuhan puskesmas sudah dilengkapkan dengan fasilitas dan sarana prasarana yang lengkap maka secara otomatis akan menciptakan derajat kesehatan yang baik bagi masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, paradigma puskesmas sebagai Pusat Kesehatan Masyarakat harus dikembalikan. Dengan cara itu, bisa lebih meminimalisir biaya pengobatan.

BACA:  Wagub Sulsel: Butuh Intervensi Sektor Hulu Untuk Atasi Covid-19

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT