Hadirkan Profesor dari Turki, FKM Unhas Gelar Guest Lecture Sistem Kesehatan

Gambar Gravatar
FKM Unhas

Makassar, SULSELSEHAT – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan acara Guest Lecture dalam rangka Dies Natalies FKM Unhas ke-41 di Aula Prof. Nur Nasry Noor, Selasa (11/10/2023).

Mengangkat tema “Health System Sustainability and Resilience”, kegiatan ini merupakan implementasi dari kolaborasi FKM Unhas dengan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

JANGAN LEWATKAN :

Pada guest lecture kali ini Prof. Dr. Bülent Kılıç selaku Professor Department of Public Health, Faculty of Medicine, Dokuz Eylul University sekaligus Visiting Professor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hadir sebagai narasumber.

BACA:  Ikuti APACPH Conference 2023 di Malaysia, Delegasi FKM Unhas Presentasikan 5 Hasil Penelitian

Diawali dengan sambutan pembuka oleh Fajar Aryanti, SKM, M.Kes, Ph.D selaku Coordinator International Collaboration yang memaparkan bahwa kolaborasi yang dilakukan oleh FKM Unhas dan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah telah diinisiasi sejak awal tahun 2023.

Guest Lecture FKM Unhas
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan acara Guest Lecture dalam rangka Dies Natalies FKM Unhas ke-41 di Aula Prof. Nur Nasry Noor, Selasa (11/10/2023).

“Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari penguatan kolaborasi kita ke depannya,” ujar Fajar Aryanti yang juga merupakan PIC dari Kegiatan Visiting Professor Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sementara itu dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Prof. Sukri Palutturi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Terima kasih kami kepada UIN Syarif Hidayatullah atas kesediaan untuk meluangkan waktu serta berbagi narasumber, ilmu dan pengalamannya di kegiatan ini,” ungkapnya.

BACA:  FKM Unhas Gandeng UMB Palopo Buka Program Magister dan Doktor

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Dalam kesempatan ini, Prof. Bülent secara umum memberikan penjelasan mengenai keberlanjutan dan ketahan sistem kesehatan.

Sistem kesehatan menurut beliau kesehatan memerlukan keberlanjutan dan ketahanan yang berasal dari layanan kesehatan primer dan pemaksimalan fungsi kesehatan masyarakat atau essentials public health function (EPHF).

Kesehatan masyarakat memegang peranan penting dalam berbagai isu kesehatan. Hal tersebut mencakup Pengawasan, Pengujian dan Penelitian, Vaksinasi (termasuk merancang strategi dan mengidentifikasi kelompok prioritas), Pemantauan (terutama yang berkaitan dengan langkah-langkah mitigasi untuk mengidentifikasi dan menjangkau kelompok rentan).

Di akhir sesi, beliau menegaskan 3 ciri utama yang harus dimiliki oleh tenaga kesehatan masyarakat, antara lain community perspective, melihat dari sudut pandang yang baru, serta senantiasa melibatkan partisipasi masyarakat.

BACA:  Sambut Dies Natalis, FKM UNHAS Sukses Selenggarakan Konferensi Internasional Pertama

“Kita juga perlu untuk berfokus pada akuntabilitas, transparansi, dan tata kelola, ketimpangan dan populasi rentan, komunikasi, kapasitas, serta yang paling utama ialah memperkuat praktik kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh salah satu Dosen Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) FKM Unhas, Dr. Muh Yusran Amir, SKM, MPH. Pada sesi ini, para peserta terlihat antusias dalam memberikan pertanyaan terkait dengan topik materi yang dibawakan.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT