Hari Ini, 125 Kasus Baru Positif Covid-19 di Sulsel, 278 Dinyatakan Sembuh

Ilustrasi Pandemi Covid-19.
Ilustrasi Pandemi Covid-19.

Makassar, SULSELSEHAT — Kasus baru terkonfirmasi virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Selatan masih diatas 100 kasus.

 

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan RI pada Senin, 20 Juli 2020 tercatat 125 kasus baru dari hari sebelumnya 158 kasus.

JANGAN LEWATKAN :

Dengan jumlah tersebut total kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 8.164 kasus.

Kemudian berdasarkan distribusi kasus baru penyebarannya di daerah berjuluk Serambi Madinah ini berada di urutan keempat.

Urutan pertama DKI Jakarta dengan 361 kasus, urutan kedua Jawa Tengah dengan 354 kasus dan urutan ketiga Jawa Timur dengan 237 kasus.

BACA:  Update Covid-19 Soppeng: 78 Kasus Positif, 35 Sembuh, 5 Meninggal Dunia

Kemudian daerah dengan penyebaran kasus barunya dibawah 10 yakni Provinsi Aceh, Banten, Bangka Belitung, DKI Yogyakarta, Kalimantan Utara, Sumatera Barat, Maluku Utara, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya, dengan melihat total kasus penyebaran terbanyak di Indonesia, Sulawesi Selatan masih bertahan pada urutan ketiga.

Untuk urutan pertama yakni Jawa Timur sebanyak 18.545 kasus dan DKI Jakarta 16.899 kasus.

Di Sulsel sendiri pada hari ini tercatat 278 pasien sembuh atau secara total tercatat sebanyak 4.476 pasien sembuh dari Covid-19 setelah menjalani perawatan.

Kemudian dari total kasus terkonfirmasi sebanyak 281 meninggal dunia atau pada hari ini tercatat dua pasien meninggal dunia.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan Prof Syafri Kamsul Arif mengatakan, kurva penyebaran Covid-19 dapat ditekan jika masyarakat memiliki kesadaran penuh dalam melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya.

BACA:  Bertambah Lagi 8, Jumlah Positif Corona di Bulukumba Capai 20 Orang, 6 Diantaranya Nakes

Olehnya, meski tidak dilakukan pembatasan pergerakan di setiap wilayah termasuk di wilayah zona merah, penyebaran bisa dikendalikan jika penguatan pelaksanaan protokol kesehatan dapat di maksimalkan.

“Kita harapkan protokol kesehatan menjadi trigger yang secara individu bisa disadari oleh masyarakat sebagai pencegahan penularan Covid-19,” katanya.

Hal lainnya yang akan didorong yaitu memperkuat program Trisula berupa massive tracking, intensive testing dan public health education.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT