Pekan Ini, Pemprov Sulsel akan Terima 2 Mobil PCR untuk Massifkan Tracing

Ilustrasi layanan di mobil Laboratorium PCR yang beroperasi.
Ilustrasi layanan di mobil Laboratorium PCR yang beroperasi. (Foto: Suarasurabaya.net)

Makassar, SULSELSEHAT — Pemerintah Sulawesi Selatan akan menerima dua unit mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang akan digunakan untuk mempercepat pemeriksaan tes swab secara massal.

“Pekan ini rencananya mobil PCR sudah tiba,” kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah usai menerima kunjungan KPU Sulsel di Rumah Jabatan Gubernur, Senin (03/08/2020).

JANGAN LEWATKAN :

Mobil PCR ini akan ditempatkan dibeberapa wilayah termasuk akan menyasar pasar-pasar di kabupaten/kota yang ada. Terkhusus, untuk daerah zona merah penyebaran Covid-19, seperti Kota Makassar.

BACA:  Atasi Penumpukan Saat Periksa Suket Bebas Covid-19, Pemkot Makassar Buat Skenario Pemeriksaan

“Pasar ini menjadi tingkat penularan yang sangat besar. Makanya perlu ada ini,” katanya lagi.

Menurut Nurdin Abdullah, mobil PCR yang nantinya akan menyasar pasar-pasar agar secepat mungkin menemukan orang-orang yang punya potensi penularan.

Selain itu, mobil PCR juga bertujuan untuk mengendalikan kemungkinan terjadinya episenterum penyebaran secara besar, utamanya di pasar-pasar.

“Makanya kita akan standarkan di pasar-pasar, supaya semakin kencang lagi kita menemukan orang orang yang berpotensi menimbulkan penularan,” sebutnya.

Hal ini juga sebagai upaya mewujudkan target pemerintah untuk melakukan pemeriksaan 5.000 spesimen Covid-19 setiap harinya.

Sehingga selain memaksimalkan keberadaan laboratorium pemeriksaan yang telah ada juga menambah layanan pemeriksaan mobile.

“Kerja kita saat ini memang melakukan tracing, tes massif dan edukasi tentang bagaimana melindungi diri dan lainnya. Hal penting lainnya yakni upaya pencegahan untuk menekan jumlah penularan, kalau ini bisa terus berjalan maka saya yakin pada puncaknya langsung turun angkanya,” terang Nurdin Abdullah.

BACA:  Sulsel Dinilai Capai Target Testing Covid-19 Sesuai Standar WHO

Kedepan selain mobil PCR, tujuh laboratorium di Sulsel yang telah ada diharapkan dapat melakukan pemeriksaan satu spesimen dalam 45 menit, sehingga bisa melakukan pemeriksaan spesimen sebanyak 5.000 per hari.

Adapun tujuh laboratorium untuk pemeriksaan PCR yakni Balai Besar Veteriner di Maros, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Makassar, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Makassar, dan Laboratorium Kesehatan Kabupaten Soppeng, Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK), Rumah Sakit Unhas dan RSUP Wahidin Sudirohusodo.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT