Peringatan HUT RI di Tengah Pandemi, NA: Moment untuk Sadarkan Kita Pentingnya Kesehatan

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat memimpin pelaksanaan upacara bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Senin (17/8). (Foto: Chaerani)

Makassar, SULSELSEHAT — Pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun kali ini sangat berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Jika sebelumnya peringatan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan upacara bendara yang diikuti banyak orang, maka di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 pelaksanaannya sangat terbatas. Bahkan hanya dilakukan dengan sistem virtual atau online.

JANGAN LEWATKAN :

“Saya kira kita ikut prihatin dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, sehingga dengan sangat terpaksa perayaan 17 Agustus pun kita rayakan secara sederhana. Perayaan yang kita lakukan ini juga sebenarnya lebih daripada penaikan bendera. Karena peringatannya dipusatkan di Jakarta lewat virtual dengan menggunakan busana budaya provinsi kabupaten/kota masing-masing,” kata Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah usai memimpin pelaksanaan upacara bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Senin (17/8/2020).

BACA:  Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Ruang ICU di Makassar Sudah Terisi 80 Persen

Selain itu lanjut Nurdin, peringatan Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini juga sangat prihatin karena ditengah pandemi Covid-19 ini banyak saudara-saudara kita yang berdampak baik pada ekonomi maupun kesehatan. Sehingga dirinya berharap di peringatan ini menjadi momentum untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

“Perilaku hidup bersih dan sehat di tengah wabah seperti ini harus kita jaga dan pertahankan. Kita harus menjaga diri kita, keluarga dan lingkungan kita dari terpapar virus dengan menjaga kesehatan walaupun nanti vaksin pun sudah ditemukan,” tegas Nurdin.

Ia berharap, di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai ini masyarakat dapat sadar penting hidup bersih. Misalnya menjaga tangan selalu bersih dengan mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak jika berada di lokasi kerumunan serta menyadarkan saudara-saudara kita yang ada penyakit sebaiknya menggunakan masker supaya tidak menularkan kepada orang lain.

BACA:  Sudah 48 Dokter Meninggal Dunia Akibat Positif Covid-19, PB IDI: Skrining Perlu Diperketat

“Poin ini semua ada dalam protokol kesehatan yang harus menjadi pedoman dan kebiasaan baru kita di kondisi sekarang ini,” harapnya.

Hanya saja pada momentum peringatan HUT RI tahun ini juga ada hikmah yang dapat dipetik. Salah satunya meski perayaan Kemerdekaan RI dalam kondisi pandemi tetapi rasa persatuan dan kesatuan dapat terus dijaga.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT