Sulsel Keluar dari Zona Merah Covid-19, Gubernur: Protkes Tetap Diperketat

Makassar, SULSELSEHAT — Provinsi Sulawesi Selatan berhasil keluar dari zona merah penularan virus corona atau Covid-19, setelah sebelumnya menjadi salah satu provinsi penyumbang kasus tertinggi di Indonesia.

 

Dari 10 provinsi di Indonesia yang menjadi perhatian pusat, tercatat dua provinsi yang dilaporkan nihil zona merah pada pekan ini, yaitu Sulsel dan Jawa Timur. Hal ini berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

“Indikatornya kita keluar dari zona merah yaitu angka kesembuhan kita mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Kamis (08/10/2020).

BACA:  50 ASN Pemkab Maros Terpapar Covid-19, Aktivitas Perkantoran Diliburkan Sementara

Nurdin mengaku, kondisi ini tentunya sangat membanggakan bagi Sulsel. Capaian ini pun berkat upaya seluruh stakeholder utamanya tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

“Satu hal yang membanggakan bagi kita bahwa Sulsel salah satu provinsi yang memiliki kasus tertinggi di luar Pulau Jawa. Tetapi hari ini oleh satgas pusat, telah mengumumkan bahwa Sulsel sudah keluar dari zona merah,” terangnya.

Meski demikian, capaian ini tidak membuat masyarakat menjadi lengah, karena kondisi ini bukan berarti laju penularan Covid-19 tidak ada lagi. Sehingga penerapan protokol kesehatan tetap disiplinkan dalam segala aktivitas.

“Ini bukan berarti kita sudah bebas. Tetapi kita harus lebih memperketat lagi protokol kesehatan. Karena belum ada vaksin,” sambungnya.

BACA:  PT Bio Farma Minta Masyarakat tak Termakan Isu Hoax Terkait Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac

Sampai vaksin diumumkan secara resmi oleh pemerintah, dia meminta warga tetap menjaga kesehatan masing-masing. Selain melaksanakan protokol kesehatan, menjaga imunitas menjadi langkah riil saat ini untuk melawan virus.

“Tetapi salah satu vaksin paling baik adalah kita menjaga imunitas kita. Menjaga imun kita dengan gizi yang baik, istirahat yang cukup, minum vitamin dan jangan stres. Cemas yang berlebihan tentu ini menjadi pintu masuk, bukan cuma korona saja, tapi semua virus,” pinta Nurdin.

Pemprov Sulsel selama ini telah mengambil kebijakan strategis dalam penanggulangan Covid-19, yang selaras dengan upaya penanganan pemulihan ekonomi di Sulsel.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT