Daerah Diimbau Bentuk Lokasi Isolasi Terpusat untuk Pasien Covid-19

Program Inovasi Wisata Covid-19
Program Inovasi Wisata Covid-19 di Sulsel.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Untuk mengantisipasi meledaknya jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di seluruh daerah di Sulawesi Selatan, Kabupaten/Kota diminta untuk membentuk lokasi isolasi terpusat di masing-masing daerahnya.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan, hal ini dilakukan agar bisa meng-cover pasien yang akan melakukan isolasi jika hotel-hotel pada program Wisata Covid-19 Sulsel penuh.

JANGAN LEWATKAN :

“Saat ini kita memang sudah menambah jumlah hotel untuk dijadikan lokasi isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 yang tanpa gejala. Tapi jika kasus terus meningkat ketakutannya bisa penuh, jadi dengan adanya lokasi isolasi terpusat di daerah bisa lebih mengcover pasien,” katanya, Jumat (18/12/2020).

BACA:  Di Tengah Covid-19, FK Unhas Kampanyekan 6 Pola Sehat dalam Menjaga Kesehatan Mental

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan agar pemerintah kabupaten/kota lebih maksimal dalam penanganan pasien Covid-19 di daerahnya. Terutama kepada beberapa daerah yang menyumbang angka kasus penularan tertinggi setiap harinya.

“Wisata Duta Covid-19 di kabupaten/kota adalah untuk menjadi pendukung program Wisata Duta Covid-19 provinsi. Kita harap jika ini disediakan penanganan kepada pasien nisa lebih maksimal, karena peningkatan eskalasi serta penyebaran Covid-19 saat ini cukup besar,” jelasnya.

Ia menyebutkan, sejauh ini salah satu daerah yang telah melakukan Program Wisata Duta Covid-19, yakni Kota Palopo. Wisata Covid-19 di Kota Palopo menggunakan Hotel Kamanre.

Dirinya pun meminta penerapan protokol kesehatan di masyarakat diperketat. Terlebih kondisi di musim penghujan.

BACA:  136 Kasus Baru Positif Covid-19 di Sulsel, Turun Peringkat Keempat Nasional

“Mari perketat kembali protokoler kesehatan, jaga kebugaran tubuh serta asupan gizi untuk imun,” ujarnya.

Sekadar diketahui, melalui data terakhir jumlah pasien yang menjalani perawatan melalui program Wisata Covid-19 sebanyak 499. Mereka terdiri dari pasien positif, kontak erat dan suspek.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT