Pemprov Sulsel Siapkan Rumah Sakit Penyangga untuk Korban Gempa Sulbar

Ilustrasi rumah sakit khusus perawatan kanker
Ilustrasi rumah sakit khusus perawatan kanker. (Foto: redaksiindonesia.com)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ambil bagian dalam memberikan bantuan kepada korban gempa di Sulawesi Barat, pada Kamis (14/1) lalu.

Selain mengirimkan sejumlah bantuan logistik, Pemprov Sulsel juga menyediakan layanan kesehatan bagi para korban.

JANGAN LEWATKAN :

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Sulsel untuk menyediakan rumah sakit penyangga di Kota Makassar bagi para korban gempa bumi yang melanda Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

BACA:  Satgas Covid-19 Sulsel Targetkan Vaksinasi untuk Nakes Rampung Maret Mendatang

“Saya telah menginstruksikan untuk mengirim tim ke sana (Sulbar) termasuk bantuan hercules untuk membantu pengangkutan korban yang ada masalah kesehatan dan sebagainya yang serius, untuk dievakuasi ke Kota Makassar. Kita akan menjadi penyangga untuk perawatan kesehatan semuanya,” ungkapnya, Sabtu (16/1/2021).

Nurdin mengaku, setelah mendapatkan informasi kondisi gempa bumi di Sulbar, dirinya telah berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder yang ada.

“Saya langsung koordinasi ke semua pihak, mulai dari Bapak Pangdam dan Lantamal, Kapolda, PLN, Telkomsel, saya telpon semua, pokoknya segera ambil langkah-langkah disana (Sulbar),” katanya lagi.

Ia juga sudah mempersiapkan semua kebutuhan yang dibutuhkan untuk korban gempa. Mulai dari kebutuhan logistik, obat-obatan dan lainnya. Termasuk pula menyediakan fasilitas rumah sakit penyangga bagi para korban luka-luka, baik luka ringan maupun luka berat.

BACA:  Lolos Syarat Vaksin Covid-19, Gubernur NA: Seperti Digigit Semut

“Tadi juga saya minta kapal dari Danlantamal karena akses kan putus jadi logistik semua di sini saya kirim lewat laut. Pokoknya saya mendengar dari Bapak Gubernur Sulbar apa yang harus kita support supaya ada rasa aman bagi masyarakat kita,” tutupnya.

Sekadar diketahui, bencana gempa yang terjadi di Sulawesi Barat telah menelan korban sekitar 46 orang. Sementara banyak kerusakan infrastruktur yang terjadi akibat gempa tersebut, termasuk saat gempa susulan pada Jumat (15/1) dini hari. Antara lain Kantor Gubernur Sulbar, sejumlah hotel bintang tiga, jembatan penghubung dan lainnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT