Catat, 9 Minuman Ini Bisa Bantu Anda Mengatasi Insomnia

Insomnia
Ilustrasi susah tidur malam atau insomia.

SULSELSEHAT – Bila Anda sering mengalami sulit tidur dalam waktu yang cukup lama, maka kemungkinan Anda mengalami insomnia.

Sulit tidur atau kualitas tidur yang rendah mungkin dianggap hal yang biasa-biasa saja. Padahal, insomnia termasuk jenis gangguan kesehatan yang dapat membahayakan tubuh, karena efeknya sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh.

Karena efek dari insomnia sangat terasa dalam aktivitas sehari-hari, maka penderita insomnia biasanya terus berjuang mencari cara mengatasi susah tidur yang dialami.

Susah dan kurang tidur di malam hari dapat membuat badan terasa lelah keesokan paginya. Mau tak mau, aktivitas pun menjadi terhambat karena mudah merasa ngantuk, tidak fokus dan lelah di siang hari.

Insomnia biasanya dapat disembuhkan dengan obat-obatan tertentu. Namun demikian, obat-obatan tersebut dapat memberikan efek samping yang terkadang tidak baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, biasanya terapi disarankan atau rajin mengonsumsi beberapa jenis minuman sebelum tidur untuk membantu seseorang mudah tidur.

Beberapa jenis minuman tertentu diketahui dapat merangsang Anda untuk tidur lelap secara alami.

Berikut 10 minuman yang dapat Anda konsumsi dengan rutin agar bisa tidur lebih cepat dan lelap di malam hari.

1. Teh Chamomile

Chamomile merupakan bunga dari famili Asteraceae, yang sering dijadikan teh. Minuman dengan aroma khas ini telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan.

Beberapa di antaranya adalah menghilangkan gejala flu, membantu mengurangi peradangan, dan anti oksidan bagi kesehatan kulit.

Selain itu, menurut beberapa penelitian, teh chamomile juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Salah satunya adalah melalui suatu studi kesehatan yang meminta para respondennya untuk mengonsumsi 400 mg ekstrak chamomile selama 28 hari berturut-turut.

Hasilnya, teh ini mampu mengatasi susah tidur. Ini karena chamomile memberikan efek relaksasi pada tubuh sehingga tubuh merasa tenang dan mudah terlelap.

Tak hanya itu, teh chamomile juga dapat mengatasi masalah kecemasan dan stres.

2. Jus Ceri

Ceri merupakan buah-buahan dengan rasa manis dan sedikit asam. Buah ini juga terdapat dalam berbagai macam warna seperti seperti kuning, merah, dan ungu. Buah ini tidak hanya dikenal sebagai penghias kue.

Di negara tropis seperti Indonesia, buah ceri cukup sulit untuk ditemukan, namun jus ceri tersedia di berbagai supermarket.

Buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk mengatasi susah tidur.

Hal ini kaena eeri memiliki kandungan tryptophan, yaitu asam amino sebagai pemicu produksi hormon melatonin. Hormon inilah yang mengatur siklus bangun dan tidur Anda.

Dengan rajin meminum jus ceri setiap hari, maka secara otomatis dapat meningkatkan kadar hormon melatonin.

Coba konsumsi dua gelas (480 ml) per hari hingga Anda merasa gangguan tidur Anda semakin berkurang.

3. Susu Hangat

Seperti yang kita tahu, biasanya anak kecil cenderung mudah terlelap setelah meminum susu hangat, hal ini memang karena segelas susu hangat  termasuk minuman yang membuat ngantuk.

Peneliti pun menyarankan orang yang mengalami insomnia untuk meneguk segelas susu hangat di malam hari sebelum tidur.

Salah satu alasannya adalah karena susu mengandung tryptophan secara alami. Asam amino ini dapat meningkatkan serotonin dan neurotransmitter yang dikenal dapat memberikan efek nyaman dan bahagia.

Selain itu, tryptophan ini juga dapat meningkatkan kadar serotonin yang meningkatkan kadar melatonin.

Melatonin sendiri terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu memerangi berbagai gangguan tidur. Misalnya, masalah tidur karena jet lag dan insomnia.

4. Susu Almon

Almon merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung serat sehat, vitamin, dan mineral. Susu almon merupakan susu yang terbuat dari kacang almon utuh dan tampilannya menyerupai susu sapi yang kental.

Kacang almon yang kaya akan nutrisi juga diklaim dapat meningkatkan kualitas tidur. Bahkan, pengobatan tradisional di Iran juga menggunakanya untuk pengobatan insomnia selama turun-temurun.

Susu almon saat ini cukup mudah ditemukan di sekitar Anda dalam berbagai merek dan rasa.

Namun, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kacang, berhati-hatilah karena meminum susu almon dapat memberikan alergi yang sama dengan kacang almon utuh.

5. Teh Hijau Dekafein

Beberapa jenis teh memang disarakankan untuk mengatasi sulit tidur. Namun demikian, hampir sebagian besar teh mengandung kafein yang justru dapat membuat sulit tidur.

Lain halnya dengan teh hijau dekafein, yaitu teh hijau yang tidak mengandung kafein, dapat menghasilkan teanin dan asam amino yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas serta melepas stres sebelum tidur.

6. Teh Pepermin

Teh pepermin telah dipercaya selama bertahun-tahun sebagai pengobatan penyakit yang disebabkan oleh virus, mikroba serta alergi.

Teh pepermin juga dipercaya dapat menangani masalah pencernaan, seperti masalah irritable bowel syndrome (IBS).

Tak hanya itu, pepermin juga telah terbuksi khasiatnya untuk membantu tidur. Rasa dan aroma harum yang dihasilkannya dapat memberikan efek relaks dan mengurangi stress sebelum tidur.

7. Cokelat Hangat

Siapa yang tak kenal dengan minuman lezat yang satu ini? Dikenal sebagai salah atu minuman yang membuat stress mereda dan memberikan relaksasi, segelas coklat hangat juga dapat membuat Anda tenang dan mudah terlelap.

8. Air Kelapa

Mungkin kita jarang mendengan khasiat minum air kelapa untuk mengatasi sulit tidur karena minuman ini justru dikenal luas sebagai minuman berenergi.

Namun, air kelapa murni (tanpa tambahan apapun) sebenarnya termasuk dalam minuman yang membuat cepat terlelap. Kandungan magnesium dan kalium di dalamnya dapat membuat otot-otot menjadi rileks.

9. Air Putih Hangat

Minuman terkahir yang sangat mudah didapat jika Anda kesulitan mendapatkan minuman-minuman di atas adalah dua gelas air putih hangat sebelum tidur sebagai minuman yang dapat mengatasi susah tidur.

Kandungan mineral yang ada dalam air putih dan efek hangat dapat membuat Anda menjadi relaks dan mudah terlelap.

***

Itulah 9 jenis minuman yang dapat Anda konsumsi sebagai salah satu tips mengatasi susah tidur. Segera konsultasikan dengan dokter Anda apabila gangguan tidur belum juga berakhir. Semoga bermanfaat.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT