Update Covid-19 Lutra: Pelajar Warga Mappadeceng Terkonfirmasi Positif

Update Covid-19

Luwu Utara, SULSELSEHAT – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Luwu Utara kembali merilis penambahan kasus baru Covid-19 per hari Senin, 13 Juli 2020. Kasus baru tersebut adalah MK (15) warga dari Kec. Mappedeceng Kab. Luwu Utara.

 

“Dari 49 sampel uji Swab yang diuji Lab, 24 sudah terkonfirmasi. Dan hasilnya 1 orang dinyatakan positif Covid 19. Yang terkonfirmasi positif tersebut berinisial MK umur 15 Tahun beralamat Kec mappedeceng,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19, I Komang Krisna.

JANGAN LEWATKAN :

Kasus baru tersebut merupakan seorang pelajar yangg hendak mendaftar pondok pesantren di Jawa Timur.

BACA:  Kemenkes Mulai Simulasikan Pemberian Vaksin Covid-19, Berikut Tahapan Alurnya

Sebelumnya telah dilakukan Rapid test oleh Tim Gerak Cepat (TGC) Lutra dan hasilnya menunjukkan bahwa MK (15) reaktif. Sehingga dilanjutkan dengan pemeriksaan swab serta karantina secara mandiri di rumahnya.

“Dengan bertambahnya kasus tersebut total kasus saat ini sebanyak 57 orang. Tetapi kesembuhan bertambah lagi 1 orang menjadi 47 orang(82,4%),” kata dia, dikutip dari PalopoPos.

Komang Krisna juga mengatakan, terkait tinggi rendahnya kasus Covid-19 itu bukan hanya persoalan dokter dan rumah sakit saja, tapi jauh lebih dari itu yakni menyangkut akar kultur dari setiap komunitas.

“Kultur tentang hidup sehat, menjaga makanan yang bergizi, aktifitas yang cukup, personal hygienes yang berkelanjutan, dan disiplin dalam berprilaku sehat adalah bagian yang penting untuk diberdayakan dalam konteks pengendalian Covid-19,” jelas dia.

BACA:  Kabar Baik! 2 Pasien Positif Covid-19 Asal Enrekang Dinyatakan Sembuh

Menurutnya faktor yang paling menyebabkan kasus positif Covid-19 selalu meningkat adalah masyarakat kurang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker dan juga tidak menjaga jarak saat dikeramaian.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT