PD Pasar Makassar Perkuat Penerapan Protkes Bagi Pedagang dan Pembeli

Pasar Pabaeng-Baeng Makassar
Tim melakukan pengecekan suhu tubuh kepada salah satu pengunjung pasar sebelum memasuki Pasar Pabaeng-Baeng Makassar, Senin (13/07/2020) (Foto: Chaerani)

Makassar, SULSELSEHAT — Melihat kondisi laju penularan Covid-19 di Kota Makassar semakin memperlihatkan tren peningkatan yang sangat signifikan.

 

Setiap harinya berdasarkan data Tim Gugus Tugas Sulawesi Selatan, angka kasus positif berada diangka 100 kasus.

JANGAN LEWATKAN :

Melihat kondisi tersebut, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar pun akan semakin memperkuat pengawasan penerapan protokol kesehatan (protkes) di seluruh pasar tradisional yang ada.

Dirut PD Pasar Makassar Basdir mengatakan, pihaknya menurunkan sejumlah tim yang didalamnya juga tergabung TNI/polri untuk memantau aktivitas masyarakat saat berada di pasar. Baik kepada pembeli maupun pedagang.

BACA:  Begini Kronologis Jenazah PDP Covid-19 di RSUD Daya yang Dimakamkan Pihak Keluarga

“Aturan memakai masker pun wajib dijalankan oleh seluruh pedagang dan pembeli. Serta keharusan menjaga jarak fisik,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sulselsehat.com, Senin (13/07/2020).

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan tempat mencuci tangan yang higienis. Masing-masing pasar tradisional yang ada di Makassar disiapkan dua hingga lima unit tempat cuci tangan.

“Kami masih memfokuskan pada protokol yang sudah ditetapkan seperti mencuci tangan dengan sabun karena sudah kami sediakan juga sarana cuci tangannya. Kami juga siapkan tim untuk mengukur suhu tubuh para pengunjung pasar dan pedagang,” jelas Basdir.

Basdir menambahkan, surat edaran tentang kepatuhan protokol kesehatan juga telah dilakukan.

“Bahkan kami di PD Pasar setiap hari memberi imbauan menggunakan masker. Imbauan menggunakan masker ini sudah kami lakukan sejak Maret lalu sampai sekarang,” tegasnya.

BACA:  Tembus 9.123 Kasus, Hari Ini Sulsel Tambah 132 Pasien Baru Positif Covid-19

Protokol kesehatan lainnya yang dilakukan dengan memasang spanduk setiap pintu masuk pasar.

“Termasuk mengatur jalur masuk dan keluar para pembeli. Kemudian pemasangan tirai plastik untuk membatasi pembeli dan penjual di beberapa pasar,” katanya.

Tak hanya itu, secara intens PD Pasar Makassar juga telah melakukan penyemprotan disanifektan secara bertahap. Penyemprotan pun dilakukan setiap tiga kali dalam sepekan untuk memastikan kondisi pasar dapat bersih dan higenis.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT