Awasi Penegakan Protkes, Personil Gabungan Kodam XIV Hasanuddin akan Bagikan 1 Juta Masker untuk Warga

Kasdam Kodam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Andi Muhammad
Kasdam Kodam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Andi Muhammad saat memberikan masker secara simbolik kepada salah satu perwakilan personil gabungan pada Apel Gelar Kesiapan Operasi Penegakan Pendisiplinan Protokol Kesehatan, di Lapangan Karebosi, Jumat (7/8/2020). (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Pada pengawasan penegakan kedisiplinan protokol kesehatan yang dilakukan personil gabungan Kodam XIV Hasanuddin di lapangan. Pihaknya juga akan membagikan masker gratis kepada warga.

“Tugas utama personil gabungan ini adalah menerapkan operasi pendisiplinan protokol kesehatan dengan membagikan masker di seluruh kelurahan, di pasar-pasar dan di lorong-lorong serta area keramaian lainnya. Utamanya di daerah yang masih menjadi zona merah seperti Makassar,” kata Kasdam Kodam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Andi Muhammad kepada Sulselsehat.com, Jumat (6/8/2020).

JANGAN LEWATKAN :

BACA:  Soal Perda Wajib Masker, Pengamat Hukum Unhas Nilai Terobosan Pemkab Gowa Sangat Cemerlang

Ia menyebutkan, ada 1 juta masker yang akan dibangikan di beberapa titik yang telah disiapkan. Bahkan beberapa titik lainnya seperti daerah-daerah pinggiran kota (masyarakat di sepanjang kanal) juga akan menjadi lokasi pembangian masker tersebut.

“Kita juga sasar warga yang bermukim di pinggiran kanal, karena kita melihat warga di sekitaran itu banyak yang kurang sadar menggunakan masker. Sekalian juga untuk memperkuat edukasi dan sosialisasi,” terangnya.

Menurut Brigjen TNI Andi, hal ini dilakukan sebagai langkah-langkah pendisiplinan protokol kesehatan yang terpadu, terarah dan terukur serta menyeluruh dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan bangsa.

Selain itu, personil gabungan tersebut juga akan menyosialisasikan dan memberi edukasi yang masif kepada masyarakat dengan mengedepankan metode humanis dan persuasif serta memanfaatkan berbagai platform media sebagai cara paling efektif dan efisien untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait arti pentingnya protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19.

BACA:  Sekolah Tatap Muka Akan Dimulai, Peran Bidang Kesehatan Minta Ditingkatkan

“Kita harapkan dengan pemberian masker secara masif ini paling tidak ada kesadaran masyarakat untuk memakai masker sehingga penyebaran Covid-19 bisa kita hambat, atau paling tidak bisa kita turunkan,” harapnya.

Sekadar diketahui, personil gabungan yang diturunkan Kodam XIV Hasanuddin dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Sebanyak 6.000 personil yang diturunkan dan disebar di wilayah kerja Kodam XIV Hasanuddin. Sementara 3.500 diantaranya diturunkan di wilayah Sulawesi Selatan.

Personil gabungan ini terdiri dari seluruh matra, baik TNI angkatan darat, laut, udara, termasuk kepolisian dan melibatkan unsur-unsur dari Satpol PP.

BACA:  Tenaga Medis Disarankan Gunakan Bahasa Lokal Tangani Pasien Covid-19

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT