Rumah Sakit Unhas Terima 150 Tempat Tidur Medis dari Jepang

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat memberikan secara simbolik bantuan tempat tidur kepada RSPTN Unhas, Selasa (11/8/2020). (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Universitas Hasanuddin menerima bantuan tempat tidur medis (medical beds) asal Kitasato Hospital, Kanagawa, Jepang sebanyak 150 buah.

Medical beds ini diserahkan langsung Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullaah kepada Direktur Utama RSPTN Unhas, Prof dr Syafri K. Arif yang didampingi Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu dan Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof dr Budu di Ruang Rapat Senat, Lantai 2, Gedung Rektorat Unhas, Selasa (11/8/2020).

JANGAN LEWATKAN :

BACA:  Walau Tanpa Gejala Klinis, 25 Pegawai Unhas Dinyatakan Positif Covid-19

“Kita berharap dengan bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan fasilitas dan perlengkapan di RSPTN Unhas yang saat ini sedang dalam proses pengembangan,” kata Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu usai menerima secara simbolik.

Apalagi, saat ini, RSPTN Unhas sedang dalam proses konstruksi bangunan tambahan yang akan memiliki seribu kamar.

Sementara Nurdin Abdullaah mengungkapkan, bantuan ini diperoleh berkat hubungan baik dengan kolega dan mitra di Jepang.

Tempat tidur medis yang berasal dari Negeri Sakura ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pelayanan pasien di RSPTN Unhas.

“Bantuan ini sebenarnya telah lama disepakati oleh pihak Jepang. Namun proses administrasi untuk mendatangkannya ke Indonesia yang membutuhkan prosedur tersendiri, sehingga bantuan tersebut baru dapat diserahkan hari ini,” kata Nurdin.

BACA:  Tidak Benar Tersisa 2 Tenaga Dokter yang Negatif Covid-19 di RS Unhas

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran dan Kerjasama RSPTN Unhas dr Andi Alfian mengatakan, tempat tidur medis yang berasal dari Jepang ini pada dasarnya sama dengan tempat tidur pasien pada umumnya.

Dengan adanya bantuan tempat tidur tersebut diakui menambah kapasitas tempat tidur yang ada saat ini di RSPTN Unhas.

“Saat ini kita ada 250 tempat tidur, sehingga dengan adanya bantuan 150 tempat tidur ini akan bertambah menjadi 400 tempat tidur,” ujarnya.

Selain itu, bantuan ini juga akan semakin membantu dalam peningkatan pelayanan kepada pasien. Sehingga tidak ada kekurangan tempat tidur jika banyak pasien yang akan dilayani.

“Ini pasti akan sangat membantu dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat,” tutup dr Alfian.

BACA:  49 Akademisi Unhas Terbitkan Buku Mengulas Covid-19, Enam Guru Besar Dilibatkan

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT