Kodam XIV Hasanuddin Ajak Masyarakat Sadar Gunakan Masker untuk Lawan Covid-19

Kodam Hasanuddin
Lomba menjahit masker yang digelar Kodam XIV Hasanuddin dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 Tahun diikuti sejumlah ibu-ibu persit dari seluruh cabang. Masker kain ini akan dibagikan secara gratis ke masyarakat sebagai upaya pencegahan Covid-19. (Foto: Chaerani)

Makassar, SULSELSEHAT — Sebagai komitmen bersama dalam membantu pemerintah menekan laju penyebaran virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Selatan.

Kodam XIV Hasanuddin mendorong agar masyarakat sadar menggunakan masker demi mencegah diri dari keterpaparan virus.

JANGAN LEWATKAN :

Hal ini pun dilakukan dengan menggalakkan program Membagi 1 Juta Masker. Untuk memenuhi kebutuhan masker tersebut pihaknya bukan hanya memberdayakan para pengrajin (penjahit) makser, tetapi juga para ibu-ibu persit untuk pengadaan masker dalam jumlah tertentu.

“Atas dasar inilah kita coba memperlombakan pembuatan masker tersebut. Karena kebetulan pas momentum perayaan Hari Kemerdekaan RI kita lakukan dimasa pandemi, dimana kita wajib menggunakan masker dalam setiap aktivitas kita,” ungkap Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka saat diwawancara usai membuka Lomba Menyanyi dan Menjahit Makser dalam rangka Memperingati HUT ke-75 RI di Makodam XIV Hasanuddin, Sabtu (15/8/2020).

BACA:  Jadi Kelompok Rentan, Penanganan Covid-19 Kemenkes Sasar Balita dan Lansia

Dengan keterlibatan ibu-ibu persit dalam pengadaan masker diharapkan peran persit dapat menjadi pionir di tengah-tengah masyarakat.

Termasuk dalam hal menyosialisasikan pentingnya menjaga diri agar tetap sehat melalui berprilaku hidup sehat, serta membangun kedisiplinan diri dalam menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi seperti menggunakan masker.

“Menjahit masker ini dijadikan momen untuk memacu masyarakat agar sadar menggunakan masker. Memang ini bagian kita dalam menegakkan protokol kesehatan, apalagi ini adalah keharusan,” ujarnya.

Dengan lomba menjahit masker ini dapat mencukupi kebutuhan dari Gerakan Membagi 1 Juta Masker di tengah-tengah masyarakat yang merupakan bagian dalam implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang pengawasan dan penegakkan kedisiplinan protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19.

BACA:  Bukan Cuma IGD, RSUD Padjonga Daeng Ngalle Takalar Juga Tutup Instalasi Radiologi

“Saat ini kita baru mendistribusikan sekitar 250 ribu masker, kita targetkan dari lomba ini kita bisa mendapat masker dalam jumlah banyak sehingga bisa kita bagian semuanya secara merata,” harap Pangdam.

Tak hanya itu, lomba menjahit masker ini juga sebagai upaya menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menggunakan masker bagi setiap anggota Kodam XIV Hasanuddin dan keluarganya dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT