Besok, Pemkot Makassar Siapkan Swab Gratis di Enam Kecamatan Zona Merah

Makassar, SULSELSEHAT — Pemerintah Kota Makassar menyiapkan layanan pemeriksaan swab gratis bagi warga di enam kecamatan dalam rangka memutus mata rantai virus corona atau Covid-19 dengan cepat.

Masing-masing akan dilakukan di wilayah Kecamatan Rappocini, Biringkanaya, Panakkukang, Tamalate, Manggala, dan Tamalanrea.

JANGAN LEWATKAN :

“Enam kecamatan ini dipilih karena menjadi zona merah penyebaran Covid-19 atau yang memiliki jumlah kasus terbanyak di Makassar,” ungkap Kepala Satgas Penegakan Disiplin Gugus Tugas Covid-19 Makassar, Sabri kepada Sulselsehat.com, Kamis (10/9/2020).

Mekanisme layanan swab gratis di masing-masing kecamatan ini juga akan dipusatkan di setiap kelurahan atau RT/RW yang juga menjadi epicentrum. Sehingga sifatnya tidak secara keseluruhan.

BACA:  Bupati Barru: Jangan Persulit Warga Dapatkan Suket Bebas Covid-19

“Kita fokuskan pada warga yang memiliki riwayat perjalanan di daerah zona merah. Kita tidak lagi melakukan rapid test, tapi langsung tes swab atau PCR,” katanya.

Pelaksanaan tes swab ini akan berlangsung mulai Jumat (11/9) besok hingga enam hari kedepan atau pada Rabu (16/9) mendatang. Untuk hari pertama dimulai Kecamatan Rappocini, selanjutnya di Biringkanaya dan kecamatan lainnya secara bertahap.

Sabri yang juga Asisten 1 Bidang Pemerintahan ini mengajak masyarakat di enam kecamatan tersebut, terutama yang telah melakukan perjalanan ke luar daerah agar melakukan swab untuk menjaga diri dan keluarga dari penularan virus.

Tak hanya itu, pihaknya juga terus mendorong agar pelaksanaan penerapan protokol kesehatan terus dilakukan secara disiplin.

BACA:  Pasien Covid-19 di RS Wahidin Makassar: 229 Positif, 154 Sembuh, 31 Meninggal Dunia

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr Naisyah Tun Azikin menyebutkan, proses swab yang akan dilakukan tentunya berdasarkan hasil tracing yang telah dilakukan sebelumnya oleh Tim Gerak Cepat Covid-19 Makassar.

“Misalnya dalam satu kelurahan kita akan mencari RW mana yang paling tinggi. Disitulah nanti yang akan menjadi lokasi pemeriksaan swab, hanya saja tetap berlaku untuk seluruh warga di kecamatan tersebut,” terangnya.

Pihaknya menargetkan, dalam pelaksanaan swab di enam kecamatan tersebut akan menyiapkan 2.000 sampel. Sementara untuk layanan pemeriksaan akan memanfaatkan mobil PCR milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami juga tetap melayani pemeriksaan swan di 14 puskesmas yang ada,” singkatnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT