Gelar PKM, FKep Unhas Bahas Penguatan Kesehatan Jiwa Hadapi Pandemi Covid-19

Makassar, SULSELSEHAT. COM —  Kelompok Keilmuan Keperawatan Jiwa, Program Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Hasanuddin meggelar Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM).

PKM yang mengangkat tema “Penguatan Kesehatan Jiwa Melalui Manajemen Stres Selama Perkuliahan Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Mahasiswa Unhas”, berlangsung sejak Minggu (25/10) hingga Jumat (30/10).

JANGAN LEWATKAN :

Anggota Tim PKM FKep Unhas Akbar Harisa mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 265 peserta. Masing-masing terdiri dari dosen, alumni, dan mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkup Unhas.

BACA:  Terapi Plasma Konvalesen Diuji untuk Pasien Covid-19

“PKM ini juga menjadi rangakaian Dies Natalis FKep Unhas ke-3 Tahun,” katanya dalam pernyataannya, Jumat (30/10/2020).

Akbar menjelaskan, pengabdian ini dipilih untuk merespon situasi pandemi Covid-19 yang telah berdampak luas. Apalagi kondisi ini berdampak bagi seluruh kalangan dan kelompok, termasuk sivitas akademik di lembaga perguruan tinggi.

“Proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 dapat menimbulkan berbagai respon fisik maupun psikologis seperti stress, ansietas maupun depresi. Sehingga dibutuhkan upaya atau strategi untuk dapat tetap mempertahankan kesehatan jiwa secara optimal,” kata dia.

Sementara itu Dekan Fakultas Keperawatan Unhas Ariyanti Saleh menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Kelompok Keilmuan Keperawatan Jiwa FKep Unhas yang melaksanakan kegiatan ini.

BACA:  Prof Syafri: Jika Terjadi Outbreak Covid-19, Pemprov Sulsel Siap

“Selama masa pandemi, masyarakat mengalami berbagai dampak kesehatan. Namun mungkin tidak banyak yang memperhatikan dampak terhadap kesehatan jiwa. Untuk itulah kegiatan hari sangat penting sebagai bentuk kontribusi kita untuk masyarakat,” katanya.

Aryanti berharap, setelah kegiatan ini para peserta dapat menggunakan pengetahuannya untuk meningkatkan daya tahan fisik maupun jiwa selama perkuliahan daring.

“Kita berharap pandemi ini segera berakhir, sehingga kita dapat kembali menjalani kehidupan dengan normal,” tutup Aryanti yang juga Dosen Keilmuan Keperawatan Jiwa, FKep Unhas ini.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT