Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Unhas Rain Akreditasi A

Akreditasi Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM Unhas
Suasana proses asesmen yang dilakukan Tim LAM-PTKes kepada Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM Unhas, secara daring. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin berhasil meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Keputusan tersebut berdasarkan surat keputusan yang diterbitkan pada 13 November 2020, di mana Prodi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat, Unhas dinyatakan terakreditasi A (Sangat Baik).

JANGAN LEWATKAN :

Dekan FKM Unhas Aminuddin Syam menyampaikan rasa bahagianya atas hasil akreditasi yang diperoleh. Ia mengaku, sebelum hasil akreditasi tersebut dikeluarkan, LAM-PTKes melakukan asesmen lapangan secara daring pada 30 Oktober hingga 1 November 2020.

BACA:  Kolaborasi dengan Pemprov Sulsel Atasi Covid-19, FKM Unhas: Kami Punya Kapasitas dan Kompetensi

Akreditasi A ini pun diperoleh setelah Tim LAM-PTKes melakukan visitasi. Dalam proses tersebut pihaknya memperoleh banyak masukan dan rekomendasi yang perlu disempurnakan.

“Sejak saat itu juga, kami mempersiapkan pemenuhan rekomendasi LAM-PTKes tersebut. Kami mengoptimalkan peran Gugus Penjaminan Mutu Fakultas, yang secara rutin melakukan implementasi, monitoring dan evaluasi terhadap rekomendasi LAM-PTKes,” katanya, Selasa (24/11/2020).

Menurutnya, keberhasilan Prodi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat mememperoleh Akreditasi A, merupakan hasil kerja sama dan kerja kolaboratif seluruh elemen di program studi, fakultas dan universitas. Ia mengaku, kekompakan dan kolaborasi merupakan kunci utama.

“Masing-masing pihak menjalankan peran yang penting dan bersinergi. Saya sangat terharu dengan semangat kolaborasi dan kerja sama rekan-rekan, para guru besar, tenaga pendidik, mahasiswa dan alumni. Semua menunjukkan perhatian yang tinggi dan rasa kebersamaan selama proses persiapan,” terang Aminuddin.

BACA:  Masyarakat Diminta Cerdas, DBD dan Covid-19 Miliki Gejala yang Sama

Ia menegaskan, hingga saat ini dirinya berkomitmen kuat untuk mencapai hasil yang optimal. Seluruh permintaan dari program studi dalam rangka menyukseskan akreditasi ini difasilitasi seoptimal mungkin.

“Komitmen pimpinan di tingkat universitas juga luar biasa besar. Kami berterima kasih kepada Ibu Rektor yang memberikan dukungan penuh untuk akreditasi ini,” katanya.

Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kesehatan Masyarakat pada awalnya merupakan Konsentrasi Ilmu Kesehatan Masyarakat Straga Tiga (S3) yang berada di bawah Sekolah Pascasarjana, yang mulai terbentuk pada sejak 2011.

Sebelum berhasil meraih akreditasi A, Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat memperoleh Akreditasi B pada 2018 lalu.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT