50.411 Lansia di Sulsel akan Divaksinasi Covid-19

Gambar Gravatar
Ilustrasi Lansia
Lansia di Sulawesi Selatan menjadi kelompok pertama yang akan mendapatkan vaksin Covid-19.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat dan petugas pelayanan publik akan dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pada awal Maret 2021 mendatang.

Sebelum pelaksanaan vaksin, sebanyak 15.640 dosis vaksin jenis Sinovac telah diterima pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan pada Rabu (24/2) kemarin.

JANGAN LEWATKAN :

“Pelaksanaan vaksinasi tahap dua ini diperuntukkan bagi masyarakat lanjut usia dan petugas pelayanan publik,” terang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel, dr Nurul AR, Kamis (25/2/2021).

Ia menyebutkan, hingga saat ini jumlah lansia yang akan divaksin sebanyak 50.411 orang. Sementara untuk petugas publik yang terdiri dari TNI/Polri, wartawan, dan guru sekitar 40.748 orang.

BACA:  Kondisi Darurat, MUI Terbitkan Fatwa Izinkan Pengunaan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

“Untuk tahap kedua pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, Kementerian Kesehatan RI mendata ada 16,9 juta pekerja di sektor pelayanan publik dan 21,5 juta lansia di Indonesia,” terangnya.

Untuk lansia yang akan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 ini adalah mereka yang berusia diatas 60 tahun.

“Awal Maret sudah dilaksanakan vaksin lansia khusus di ibu kota provinsi jadi kita di Makassar. Nantinya akan dilayani di tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan tempat titik berkumpul lansia,” ungkapnya.

dr Nurul melanjutkan, pelayanan teknisnya sementara dalam tahap penyusunan namun bisa dipastikan jika para lansia yang ingin divaksin harus mendaftarkan diri pada laman makassar.kemkes.go.id.

“Pekan terakhir dibulan Februari ini kami masih maksimalkan dulu untuk tahap I karena teman-teman di lapangan masih melakukan vaksinasi lanjutan untuk SDM Kesehatan,” katanya.

BACA:  Bupati dan Walikota di Sulsel Diminta Mulai Atur Jalur Vaksin Covid-19

Untuk persyaratan, dr Nurul mengaku sama saja dengan pelaksanaan vaksinasi pada umumnya. Misalnya, mereka yang akan divaksin tidak memiliki penyakit komplikasi dan dalam kondisi kesehatan yang cukup stabil.

“Untuk pertama Makassar dulu, selanjutnya kita menunggu untuk kemudian kita distribusikan ke tempat yang fokus di kabupaten/kota. Jadi harapan kita nanti, kita mengatur porsi-porsi dari masing-masing sasaran tersebut,” tutupnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT