Terbakar Hebat, Mitigasi Bencana di Kantor Dinkes Sulsel Disebut Tak Berfungsi

Dinkes Provinsi Terbakar
Kantor Dinkes Provinsi Sulsel yang terbakar pagi ini, Kamis (30/07/2020).

Makassar, SULSELSEHAT – Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan di Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar mengalami kebakaran hebat, Kamis (30/07/2020) pagi.

“Iye betul lantai 2, tapi sudah terkendali,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr M Ichsan Mustari membenarkan musibah tersebut.

JANGAN LEWATKAN :

Kendati tak menimbulkan korban jiwa, namun api menghanguskan hampir semua ruangan di gedung lantai dua yang berisi banyak arsip data kesehatan penting di daerah ini.

“Alhamdulillah tidak (ada) korban jiwa. (Tapi) hampir semua ruangan di lantai 2 terbakar. Ruangan Kadis, sekertaris, PSDK, Keuangan, Program, Data,” sebut sumber SulselSehat yang enggan disebutkan namanya.

BACA:  Tahun 2023, Sulsel Target Angka Stunting Menurun di 14 Persen

Dilansir dari Upeks, Pemadam Kebakaran Makassar mengaku mendapatkan informasi kebakaran kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, sekitar pukul 06.00 WITA.

“Sejumlah armada kebakaran langsung diterjunkan ke lokasi untuk melakukan proses pemadaman,” jelas Kabid Ops Damkar Kota Makassar, Hasanuddin.

Hanya saja, api dengan cepat membakar dan menghanguskan seisi gedung bagian depan kantor Dinkes Sulsel.

Dari sejumlah video amatir yang beredar di sosial media, kobaran api terlihat bermula dari salah satu ruangan di lantai dua dan dengan cepat merembet dan membakar ruangan lainnya.

Beruntung, pemadam kebakaran Makassar cepat berada di lokasi dan langsung berjibaku dengan api. Alhasil, pukul 07.50 WITA, api sudah bisa dikuasi.

BACA:  3 Hari Paska Instruksi Kadiskes Sulsel, PDP Covid-19 Follow Up 'Hanya' Berkurang 16 Orang

Mitigasi Bencana

Kebakaran hebat yang menghanguskan arsip, program dan sejumlah data penting di bidang kesehatan di kantor Dinkes Provinsi ini mengundang keprihatinan banyak pihak.

Ihsan Kitta, dokter spesialis Ortopedi yang kerapkali terjun dalam penanganan bencana menyebut, kebakaran pagi ini menunjukkan mitigasi bencana yang tidak berfungsi di kantor tersebut.

“Mitigasi tidak berfungsi, gedung penuh arsip dan aset negara, tapi smoke detector dan sistem pemadam otomatis tidak berfungsi atau bisa jadi tidak ada,” ungkapnya.

Belum lagi, kantor Dinkes Sulsel ini hanya sepelemparan batu dengan kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT