Selain Disiplin Protkes, Gubernur NA Tegaskan Keberhasilan Vaksinasi Solusi Tekan Covid-19

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menegaskan agar seluruh pihak menyukseskan proses vaksinasi virus corona atau Covid-19 yang telah dilakukan sejak Kamis (14/1) lalu.

Mantan Bupati Bantaeng ini meyakini, jika proses vaksinasi dapat berjalan sesuai target maka akan menjadi solusi dalam menekan pandemi Covid-19 yang telah menelan puluhan ribu korban jiwa itu.

JANGAN LEWATKAN :

“Jujur saya ingin sampaikan pada kita semua. Bahwa pandemi Covid-19 ini solusinya adalah vaksin. Selain itu juga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” katanya, Sabtu (16/1/2021).

BACA:  Viral Unair Temukan Obat Covid-19, Peneliti Farmasi Unhas: Belum Ada Obat Paten Untuk Virus Corona!

Menurut Nurdin, vaksinasi Covid-19 adalah upaya yang sangat perlu dilakukan, apalagi di tengah angka positif yang meningkat.

Selain melakukan vaksin kepada tenaga kesehatan dan masyarakat yang akan dijadwalkan mulai Februari mendatang, dirinya juga telah mengarahkan kepada dinas kesehatan untuk memperbanyak tracing dan testing.

“Karena semakin banyak kita temukan maka semakin menurunkan tingkat penularan,” terang Nurdin.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan dr.Ichsan Mustari menyebutkan, vaksinasi pada tahap awal ini akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang berjumlah 59.127 untuk 24 kabupaten/kota.

Untuk tenaga kesehatan dilaksanakan selama dua bulan atau pada Januari-Februari 2021. Pada tahap pertama dilaksanakan di Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa.

BACA:  Mau Masuk Kota Makassar? Siapkan Surat Keterangan Bebas Covid-19!

Vaksin yang digunakan adalah buatan Sinovac dan telah diuji klinis hingga fase ke tiga. Selain itu telah mengantongi izin edar dan penggunaan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) berupa sertifikat penggunaan Darurat atau Emergency Use of Authorization (EUA), serta memiliki sertifikat halal dan suci dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Perlu kami sampaikan EUA adalah izin yang dikeluarkan oleh BPOM yang diberikan dalam keadaan darurat. Olehnya itu, dalam pemberian vaksin ini diperlukan beberapa kriteria tertentu, terkait dengan penanganan terhadap yang akan mendapatkan vaksin ini,” tutup dr. Ichsan.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT