Yuk! Hidup Sehat dengan Kebiasaan Berkumur Air Garam

Hidup Sehat dengan Kebiasaan Berkumur Air Garam
Hidup Sehat dengan Kebiasaan Berkumur Air Garam.

SULSELSEHAT – Garam biasanya kita kenal hanya sebagai bumbu dapur dan penyedap makanan. Namun, garam dapur ternyata juga berkhasiat bagi kesehatan.

Terutama di masa-masa pandemi corona seperti saat ini, semakin banyak orang yang berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari risiko tertular virus.

Mungkin Anda sudah mendengarnya beberapa minggu yang lalu, bahwa rajin berkumur dengan air garam dipercaya cukup ampuh dalam mencegah berbagai virus masuk ke dalam tubuh, termasuk virus corona.

Hal ini didasari oleh virus corona yang biasanya masuk melalui hidup dan mulut dan ‘bertahan’ di tenggorokan, sebelum masuk ke dalam tubuh dan menyerang paru-paru. Dengan berkumur air garam, virus corona dapat dicegah ketika masih berada di dalam mulut dan tenggorokan.

Namun demikian, ada juga kabar bahwa para dokter tidak percaya virus corona akan ‘bertahan’ sementara di tenggorokan sebelum akhirnya masuk ke dalam tubuh.

Karena penularan virus corona sangat cepat, mereka percaya bahwa virus ini akan dengan cepat masuk ke dalam tubuh saat droplets atau percikan dari pasien positif terhirup hidung atau tersentuh tangan dan masuk ke dalam mulut.

Percaya tidak percaya, pada dasarnya air garam memang memiliki sifat anti virus sehingga lembaga kesehatan publik nasional Amerika Serikat, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun menyarankan untuk berkumur dengan air garam bagi mereka yang mengalami sakit tenggorokan.

Selain itu, menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh karena mulut menjadi ‘gerbang’ utama masuknya makanan, bakteri, hingga virus ke dalam tubuh.

Sebagian besar orang membersihkan area rongga mulut hanya dengan cara menyikat gigi saja, padahal rajin berkumur juga perlu dilakukan.

Apa sih sebenarnya manfaat berkumur untuk kesehatan? Pada dasarnya, berkumur setidaknya 30 detik dua kali sehari dapat membuat napas lebih segar dan melawan bakteri serta virus yang ada di seluruh area dalam mulut.

Bakteri dalam mulut misalnya, dapat menyebabkan bau napas tidak sedap, penumpukan plak, radang gusi, dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Namun, perlu juga diketahui cara berkumur yang baik dan benar. Sebaiknya, gunakan air hangat untuk berkumur, terutama bagi Anda yang memiliki gigi sensitif.

Sebenarnya, berkumur dapat dilakukan dengan menggunakan air putih saja, namun berkumur dengan air garam atau obat kumur yang biasa ditemukan di pasaran juga sangat baik karena mengandung zat anti bakterial.

Di dalam air garam dan obat kumur misalnya, terdapat berbagai kandungan zat yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, seperti:

  • Antimikroba yang dapat membunuh bakteri, misalnya untuk mencegah bau mulut, plak, radang gusi dan penyakit mulut lainnya
  • Fluoride yang dapat mengurangi risiko kerusakan gigi dan mencegah gigi berlubang
  • Pemutih yang mengurangi noda pada gigi
  • Penetral bau yang mampu mengatasi bau mulut

Oleh karena itu, rajin berkumur dengan air garam maupun obat kumur sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan yang menjadi gerbang utama masuknya berbagai bakteri dan virus ke dalam tubuh.

Berikut adalah penjelasan manfaat lainnya yang kita dapat dari kebiasaan rajin berkumur:

  1. Rajin berkumur dengan air garam 3 kali sehari selama kurang lebih 30 detik dapat mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas hingga 40 persen
  2. Hidung tersumbat yang biasanya disebabkan oleh penumpukan lendir di saluran pernapasan dan rongga hidung dapat diatasi dengan berkumur air garam. Air garam dapat menghilangkan virus dan bakteri yang menyebabkan hidung tersumbat
  3. Kadar pH dalam tubuh perlu dijaga tetap seimbang untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Campuran air dan garam dapat membantu menetralkan asam di tenggorokan yang dihasilkan oleh bakteri sehingga mencegah pertumbuhan bakteri yang menimbulkan masalah kesehatan dalam mulut
  4. Bau mulut yang sering menjadi masalah yang mengganggu dapat dihilangkan dengan rajin berkumur air garam karena mampu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut
  5. Radang amandel juga dapat diredakan dengan kebiasan berkumur air garam. Amandel merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus.
  6. Sering sariawan? Meskipun tergolong penyakit yang cukup ringan, sariawan menyebabkan seseorang kesulitan mengonsumsi makanan. Rajin berkumur dengan air garam dapat meredakan rasa sakit pada daerah sariawan dan memulihkan sariawan dengan lebih cepat
  7. Gusi bengkak dan berdarah biasanya disebabkan oleh bakteri. Rajin membilas rongga mulut dengan air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan bakteri.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rajin berkumur air garam. Segera lakukan kebiasaan ini dan jaga kesehatan Anda selalu.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT