Begini Cara Benar Mengonsumsi Vitamin untuk Menjaga Imun Tubuh

Ilustrasi Vitamin

SULSELSEHAT – Di musim pandemi seperti saat ini, menjaga kesehatan tubuh menjadi sangat penting. Terlebih lagi karena virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 merupakan jenis virus baru yang belum tersedia vaksinnya.

 

Kementrian Kesehatan Indonesia pun telah menghimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk senantiasa menjalankan pola hidup yang sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan dan selalu menjaga daya tahan tubuh, salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral.

JANGAN LEWATKAN :

Vitamin dan mineral menawarkan manfaat kesehatan yang sangat penting, yaitu:

  • Untuk mencegah kurangnya vitamin dalam tubuh yang terjadi karena kurangnya asupan makanan dengan gizi yang tidak seimbang
  • Sebagai asupan makanan tambahan sehingga dapat mempercepat penyembuhan bagi mereka yang sedang sakit atau melakukan aktivitas fisik berlebih.

Lalu, apakah vitamin harus dikonsumsi setiap hari? Banyak dari kita yang mengonsumsi vitamin setiap hari. Padahal, sebenarnya vitamin tidak harus dikonsumsi setiap hari, kecuali bagi mereka yang sedang sakit atau kekurangan vitamin.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan manfaat dari setiap macam vitamin karena setiap vitamin memiliki sifat yang berbeda, misalnya ada yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan vitamin lainnya, atau yang sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan jenis makanan tertentu agar manfaatnya semakin optimal.

BACA:  6 Kebiasaan Sederhana Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh Saat Pandemi Covid-19

Hal tersebut juga berkaitan dengan beberapa tipe vitamin yang larut dalam lemak, yang artinya vitamin tersebut akan diserap dengan baik oleh tubuh jika disertai dengan asupan lemak yang cukup.

Berikut adalah manfaat dari beberapa jenis vitamin dan mineral serta waktu dan cara terbaik untuk mengonsumsinya.

Vitamin A

Vitamin A merupakan jenis vitamin yang bermanfaat untuk menjaga penglihatan, organ dan sistem reproduksi.

Tidak ada waktu khusus untuk mengonsumsinya, sehingga Anda dapat memilih waktu yang paling nyaman menurut Anda untuk mengonsumsinya.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan, sebagian besar vitamin A mengandung beta-karoten sehingga sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung lemak.

Vitamin B

Vitamin B, termasuk tiamin, asam folat, dan riboflavin mampu membantu tubub Anda tumbuh dan berfungsi dengan baik. Orang yang kekurangan vitamin B biasanya mudah merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat.

Vitamin ini merupakan jenis vitamin yang larut dalam air dan waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah di pagi hari bersamaan dengan waktu sarapan.

Vitamin C

Vitamin C sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu,vitamin ini juga memiliki peran penting dalam melindungi sel-sel tubuh Anda dari radikan bebas.

Vitamin C juga merupakan jenis vitamin yang larut dalam air, sehingga Anda tidak perlu mengonsumsinya dengan makanan.

BACA:  6 Kebiasaan Sederhana Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh Saat Pandemi Covid-19

Meskipun tidak ada bukti khusus bahwa vitamin C dapat mengganggu tidur, vitamin C sebaiknya dikonsumsi di pagi hari.

Sering dikatakan bahwa seseorang harus mengonsumsi vitamin C harian dengan dosis tinggi. Padahal, dosis yang disarankan untuk orang dewasa adalah 75 hingga 90 miligram per hari.

Namun jika Anda sedang dalam kondisi yang kurang sehat dan membutuhkan tambahan asupan vitamin C, makan vitamin ini dapat dikonsumsi dengan dosisi yang lebih tinggi.

Vitamin D

Vitamin D adalah jenis vitamin yang secara alami didapatkan tubuh melalui paparan sinar matahari, namun juga dapat dibantu dengan mengonsumsi vitamin D dalam bentuk suplemen. Vitamin sangat baik dikonsumsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Termasuk vitamin yang larus dalam lemak, vitamin D sebaiknya juga dibarengi dengan konsumsi makanan yang mengandung sedikit lemak saat makan siang atau makan malam.

Vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin yang sangat diperlukan tubuh agar sel-sel dalam tubuh terhindari dari kerusakan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memperlebar pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah.

Tubuh yang kekurangan vitamin D akan berisiko terkena masalah pengihatan, kerusakan saraf serta melemahnya kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin E secara optimal, Anda dapat mengonsumsi vitamin E dengan makanan yang mengandung sedikit lemak.

BACA:  6 Kebiasaan Sederhana Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh Saat Pandemi Covid-19

Vitamin K

Meskipun termasuk vitamin yang jarang dikonsumsi, sebenarnya vitamin K sangat penting untuk membantu membangun tulang yang kuat, meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin, mengurangi risiko diabetes serta risiko kanker.

Anda dapat mengonsumsi vitamin K pada waktu yang Anda rasa paling aman dan nyaman, sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan konsumsi makanan yang mengandung sedikit lemak.

Banyaknya jenis vitamin di atas yang sebaiknya dikonsumsi harian mungkin membuat Anda bepikir untuk mengonsumsi setiap vitamin tersebut dalam bentuk pil atau suplemen.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengonsumsi multivitamin yang sebagian besar mengandung setidaknya vitamin A, B, C, D, E dan vitamin K, ditambah lagi dengan zat dan nutrisi penting lainnya bagi kesehatan tubuh.

Karena multivitamin merupakan gabungan beberapa vitamin, maka sebaiknya konsumsi disertai makanan, tidak diminum saat perut kosong.

Untuk hasil yang optimal, Anda juga dapat terlebih dahulu mencari info jenis vitamin apa saja yang paling Anda butuhkan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Selain dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, jaga juga kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi asupan vitamin agar terhindar dari risiko infeksi virus, terutama COVID-19 yang masih menjadi pandemi dan harus diwaspadai saat ini.

Semoga Anda sehat selalu.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT