Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru Agar Selalu Sehat

Ilustrasi Paru-paru sehat

SULSELSEHAT – Seperti yang kita semua ketahui, paru-paru merupakan organ yang sangat penting bagi manusia karena perannya dalam proses pernapasan.

 

Saat kondisi paru-paru sedang bermasalah, pernapasan kita juga berisiko bermasalah karena organ yang berperan untuk memompa oksigen ke seluruh pembuluh darah tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, kinerja organ-organ lain dalam tubuh pun juga terganggu.

Agar paru-paru kita terjaga dengan baik, cara yang paling sederhana adalah dengan mengubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat. Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru dengan baik:

Hindari atau Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang sangat berisiko buruk terhadap kondisi paru-paru kita.

Asap rokok yang mengandung zat kimia berbahaya seperti nikotin, karbon monoksida dan tar jika menggumpal di dalam paru-paru dapat merusak kinerja paru-paru dan jika lama dibiarkan, dapat menyebabkan penyakit kanker paru kronis.

Oleh karena itu, hindari kebiasaan merokok atau jika perlu berhentilah merokok agar kondisi paru-paru selalu terjaga dengan baik.

Hindari Asap Rokok

Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif yang menghirup asap rokok juga sangat berisiko terhadap kerusakan paru-paru, seperti asma, fibrosis paru idiopatik, dan penyakit paru obstruktif kronis.

Bahkan, risiko tersebut lebih besar bagi perokok pasif karena perokok pasif menghirup lebih banyak asap daripada perokok aktif.

Karena itu, sebaiknya menjauh dari lingkungan perokok aktif dan hindari asap rokok di mana pun ada berada, atau selalu gunakan masker di tempat umum agar mengurangi risiko menghirup asap rokok.

Rutin Berolahraga

Kinerja paru-paru dapat dioptimalkan dengan cara rajin berolahraga. Meskipun Anda memiliki segudang aktivitas yang sibuk, sempatkan setidaknya 30 menit per hari untuk berolahraga.

Dengan berolahraga  secara teratur, kinerja jantung akan meningkat sehingga suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan meningkat pula dan mengurangi risiko penyakit paru-paru.

Beberapa olahraga ringan yang dapat Anda lakukan secara rutin adalah berjalan kaki, jogging, zumba, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya.

Kurangi Minuman Berakohol

Mungkin kita jarang menyadari terganggunya kesehatan paru-paru karena kebiasaan minum minuman berakohol.

Namun, pada faktanya, sering mengonsumsi minuman berakohol dapat menyebabkan penyumbatan pada paru-paru, sehingga dapat mengganggu pernapasan.

Sebaiknya hindari konsumsi minuman mengandung alkohol dan beralih ke minuman yang lebih sehat seperti air putih, jus buah dan sayur atau susu.

Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Menjaga asupan nutrisi ke dalam tubuh merupakan salah satu langkah untuk menjaga seluruh fungsi organ tubuh Anda, termasuk paru-paru.

Setidaknya makanan bergizi dan cukup minum air putih atau susu mampu menjaga kinerja organ tubuh dan juga membersihkan paru-paru.

Beberapa bahan makanan yang sehat sebaiknya ada dalam setiap menu makanan Anda, seperti sayur hijau, kacang-kacangan, protein yaitu daging maupun tahu dan tempe.

Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan minyak karena mengandung klorin yang tinggi sehingga dalam mengganggu kesehatan paru-paru Anda.

Jaga Diri Anda dari Polusi Udara

Kualitas udara memang sangat berpengaruh terhadap kualitas kesehatan paru-paru. Sayangnya, di sebagian besar kota besar, kondisi udaranya cukup buruk sehingga meningkatkan risiko penyakit paru-paru.

Beberapa penelitian lokal di Indonesia juga menunjukkan polusi udara sangat berkaitan dengan kondisi paru-paru yang buruk  seperti penurunan fungsi paru (21% sampai 24%), asma (1,3%), PPOK (prevalensi 6,3% pada bukan perokok), dan kanker paru (4% dari kasus kanker paru).

Salah satu cara yang paling dasar yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengenakan masker saat berada di luar rumah, terutama di area yang tinggi polusi udaranya.

Tidak hanya di luar rumah, Selain itu, ada pula beberapa tips untuk mengurangi parapan polusi di dalam rumah, seperti berikut.

(1) Hindari merokok di dalam rumah, atau bila perlu ciptakan zona bebas rokok di dalam rumah

(2) Rajin membersihkan perabot rumah, terutama yang mudah berdebu

(3) Buka jendela rumah untuk memperlancar sirkulasi udara atau pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang cukup

(4) Jaga rumah sebersih mungkin

Cek Kesehatan Anda dengan Rutin

Salah satu hal  yang jarang dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah memeriksakan kesehatan dengan rutin. Setidaknya sekali dalam setahun, sebaiknnya periksa kesehatan Anda di rumah sakit.

Cek kesehatan biasanya meliputi cek darah, urin serta fungsi organ utama dalam tubuh, seperti jantung dan paru-paru.

Terlebih jika Anda memiliki kebiasaan yang kurang sehat, misanya jarang berolah raga dan cukup sulit menjaga pola makan sehat, pastikan untuk memeriksakan kesehatan Anda dengan rutin agar terhindar dari risiko penyakit dan mengetahui lebih dini jika Anda memiliki penyakit.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT