Menuju Makassar Kota Sehat, Danny Dorong Masyarakat Miliki Sanitasi Layak

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto saat menerima Forum Kota Sehat Makassar. Foto: (Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Pemerintah Kota Makassar menargetkan di tahun 2021 dapat meraih predikat sebagai Kota Sehat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, langkah yang akan dilakukan adalah menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Salah satunya dengan kondisi masyarakat yang tidak lagi buang air besar (BAB) sembarangan.

JANGAN LEWATKAN :

“Makassar akan dinilai menjadi Kota Sehat. Sebelum proses penilaian dilakukan kita akan mendorong agar tidak ada lagi masyarakat yang BAB sembarangan dengan menyiapkan sanitasi layak,” kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Kamis (08/04/2021).

BACA:  Tak Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19 di Makassar, Siap-siap Didenda Hingga Rp20 Juta

Agar hal tersebut dapat terealisasi sesuai target, pihaknya telah menginstruksikan dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) maupun Dinas Kesehatan setempat agar dapat segera bekerja aktif untuk menuntaskan persoalan tersebut.

“Kami sudah mengarahkan Dinas PU agar bagaimana sanitasi lingkungan di rumah-rumah warga ini bisa baik dan disesuaikan dengan standar sanitasi yang layak,” ujarnya.

Selain itu, hal lainnya yang perlu dilakukan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya BAB di tempat yang selayaknya.

“Kita bukan sekadar mengejar perlombaan. Tapi kita upayakan berkomunikasi dengan warga agar dapat berperilaku sehat sembari kita liat keadaan sekitarnya, apakah cukup untuk pembuatan septi tank. Jadi sekali bergerak kita bisa dapatkan banyak manfaat,” tegasnya.

BACA:  Bakal Dihadiri Presiden, Festival Smart Vaksinasi Makassar Target 1.000 Orang

Ketua Forum Kota Sehat Makassar dr. Noer Bachri Nur mengungkapkan, verifikasi Kota Sehat ini dilakukan setiap dua tahun sekali. Untuk di tahun ini proses penilaian akan dilakukan hingga 30 April 2021 mendatang.

Ia mengaku, penilaian Kota Makassar terkait Kota Sehat saat ini masih jauh dari apa yang diharapkan. Salah satunya saat ini masih banyak masyarakat yang buang air besar sembarangan.

“Saat ini masih banyak keluarga yang tidak memiliki septic tank di rumah tinggalnya yang mengakibatkan sanitasi lingkungan tidak layak sehingga penilaian kota sehat terhambat atau kelayakan sanitasi lingkungan,” ungkapnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT