Mahasiswa Unhas Gagas Peta Sebaran Covid-19 untuk Identifikasi Warga di Lokasi KKN

Ilustrasi virus corona atau Covid-19
Ilustrasi virus corona atau Covid-19. (Foto: Langgam.id)

Makassar, SULSELSEHAT — Sebanyak 21 mahasiswa Universitas Hasanuddin yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur merancang program terkait upaya edukasi untuk mengatasi pandemi virus corona atau Covid-19.

Sasaran utama yaitu dengan fokus utama pada lingkungan tempat tinggal masing-masing. Salah satu program yang digagas yakni mempersiapkan pembuatan peta lokasi rentan Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi sebaran dengan menganalisis posisi geografis kasus-kasus terkonfirmasi.

Koordinator KKN Unhas untuk lokasi Kalsel dan Kaltim Rezky Rachmadany Rachman menjelaskan, program yang dibentuk yaitu mempersiapkan dua kategori.

BACA:  Kasus Covid-19 Terus Meningkat, NA Minta Protokol Kesehatan Semakin Diperketat

Pertama, program kelompok/pilihan dan kedua, program individual/keilmuan. Masing-masing disesuaikan dengan kondisi di lingkungan tempat tinggal.

“Kami serahkan ke masing-masing peserta untuk merancang apa yang akan mereka lakukan, dengan mengikuti panduan yang telah disiapkan oleh P2KKN Unhas. Meskipun ini suasana pandemi, namun kami berharap dapat memberi sumbangsih bagi masyarakat,” katanya dalam pernyataan resminya yang diterima Sulselsehat.com, Kamis (23/07/2020).

Menurutnya, program yang digagas ini juga bersinergi dengan tema KKN kali ini yakni Bersatu Melawan Covid-19.

“Semoga peran kamu sebagai mahasiswa bisa memberikan peran dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 termasuk di lokasi KKN,” ujarnya.

Dosen pendamping Prof Adi Maulana berharap, program yang dijalankan di lokasi KKN dapat dipastikan menerapkan protokol kesehatan dengan sangat disiplin.

BACA:  Bertambah 4 Kasus Baru, 32 Pasien Covid-19 di Sinjai Sembuh, Total 97 Kasus

Termasuk memfokuskan program kerja yang dapat dilakukan dari rumah dan seminimal mungkin melakukan kontak fisik dengan orang lain.

“Kami harapkan agar adik-adik selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat, sehingga ada kemitraan yang terbangun. Selain itu, agar kegiatan yang dilakukan juga disesuaikan dengan bidang keilmuan masing-masing,” katanya.

Aktivitas mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 di Kalsel dan Kaltim berlangsung di sembilan kabupaten dan kota. Antara lain Tanah Bumbu, Balikpapan, Bontang, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, PPU, Samarinda, dan Tanjung Redeb.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT