PRC Unhas akan Buka Posko Apotek Siaga untuk Korban Gempa Sulbar

Ilustrasi Apotek Siaga.
Ilustrasi Apotek Siaga.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Pharmacy Rescue Committee (PRC) Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin akan membuka Posko Apotek Siaga di lokasi gempa Sulawesi Barat.

Pembentukan Posko Apotek Siaga ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat atau para korban di Kabupaten Mamuju dan Majene dalam hal logistik obat-obatan, sandang, dan pangan.

JANGAN LEWATKAN :

Tim Koordinator Posko Apotek Siaga Khairunnisa mengatakan, Apotek Siaga ini dibentuk dari hasil donasi seluruh pihak untuk membantu kebutuhan logistik obat-obatan para korban.

BACA:  Studi Farmakogenomik dalam Penggunaan Obat Jadi Pembahasan Webinar Farmasi Unhas

“Kita telah membuka donasi sesaat setelah bencana gempa terjadi di Sulbar. Sampai saat ini donasi yang terkumpul sekitar Rp20 juta, open donasi juga masih kami buka sampai sekarang, karena kebutuhan logistik obat-obatan masih sangat dibutuhkan,” katanya, Kamis (21/1/2021).

Melalui donasi ini, dirinya berharap dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan logistik dan obat obatan.

“Donasi disalurkan secara bertahap. Untuk tahap pertama, penyaluran telah dilakukan kemarin, berkoordinasi dengan posko kesehatan pusat di wilayah Kabupaten Mamuju,” ujarnya.

Selain membuka open donasi untuk pembuatan Posko Apotek Siaga, aksi kemanusiaan lainnya yang dilakukan PRC Unhas yakni dengan terjun langsung ke lokasi bencana dan membuka posko kesehatan yang berfokus pada logistik obat-obatan.

BACA:  Menkes Kirim Ambulans, Alkes hingga Obat-obatan untuk Tindakan Medis di Sulbar

Tenaga relawan ini terdiri dari mahasiswa aktif dan apoteker.

Selain itu, PRC juga bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dalam hal penyaluran obat-obatan.

“Tidak hanya donasi berupa uang, PRC juga menerima donasi berupa obat, perbekalan farmasi, makanan, air mineral dan logistik lainnya. Untuk donasi uang, kami menyediakan nomor rekening khusus. Sementara itu, logistik dapat diantarkan langsung ke alamat yang kami siapkan,” terang Khairunnisa.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT