Puskesmas Diminta Tingkatkan Sosialisasi PHBS ke Masyarakat

Ilustrasi gerakan hidup sehat
Ilustrasi gerakan hidup sehat (Foto: dara.id)

Makassar, SULSELSEHAT — Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan dalam mencegah diri dari paparan virus, seperti virus corona atau Covid-19.

Pasalnya, dengan memastikan perilaku hidup bersih dan sehat diterapkan dalam lingkungan rumah dan sekitar maka mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

JANGAN LEWATKAN :

Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan RI dr Oscar Primadi mengatakan, seluruh pihak memiliki peran dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat.

Begitu pula peran layanan kesehatan yang ada, baik rumah sakit maupun puskesmas.

BACA:  1000 Relawan Lawan Covid-19 di Sulsel Mulai Dilatih, 47 Kecamatan Terlibat

“Puskesmas memiliki peran penting sebagai tempat sosialisasi dalam mengajak masyarakat menerapkan PHBS serta protokol kesehatan dalam melawan Covid-19,” katanya, Jumat (30/10/2020).

Oscar mengaku, dengan menerapkan PHBS di masa pandemi Covid-19 ini akan sangat membantu masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan.

Selain itu, dalam menekan angka peningkatan kasus Covid-19, memang diperlukan upaya penguatan pelayanan kesehatan di hulu. Salah satunya adalah penguatan puskesmas.

“Untuk puskesmas selain memassifkan sosialisasi PHBS, penegakan protokol kesehatan juga menjalankan survailans dengan melakukan tracing yang baik,” tegasnya.

Ia pun mengapresiasi para pejuang kemanusiaan terutama kepada seluruh jajaran tenaga kesehatan yang terjun langsung dalam penanganan Covid-19. Apalagi hingga saat ini belum ditemukan obat maupun vaksin Covid-19.

BACA:  Pedagang Langgar Protokol Kesehatan, Inspektur Covid-19: Dagangan Akan Diangkut Paksa

Sebelum adanya obat dan vaksin, maka langkah pencegahan yang perlu dilakukan yakni PHBS dan menjalankan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, serta menjaga jarak.

Ia mengimbau, agar seluruh tenaga kesehatan yang masih terus berada di garda terdepan agar tetap memperhatikan kondisi kesehatan selama bertugas. Mematuhi protokol kesehatan dan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat.

“Saya minta seluruh teman-teman di jajaran kesehatan yang selama ini sudah bekerja keras, untuk jaga kesehatan, kemudian bekerja dengan benar dan mematuhi protokol kesehatan,” harap dr Oscar.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT