Palopo dan Luwu Berhasil Sukseskan Program Layanan KB

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Andi Rita Mariani
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Andi Rita Mariani (kanan) saat menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Luwu yang diterima langsung Bupati Luwu Basmin Mattayang. Penghargaan ini atas pencapaian layanan KB yang melampaui target nasional. (Foto: Dok BKKBN Wilayah Sulsel)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Kota Palopo dan Kabupaten Luwu dinobatkan sebagai daerah di Sulawesi Selatan yang berhasil menerapkan program pelayanan Keluarga Berencana (KB) melalui kegiatan sejuta akseptor pada momentum Hari Keluarga Nasional (HARGANAS).

Dengan keberhasilan tersebut kedua daerah ini berhasil mendapat apresiasi dan penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

JANGAN LEWATKAN :

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Andi Rita Mariani mengatakan, kedua daerah ini berhak mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian yang telah ditorehkan. Dimana kedua daerah ini berhasil mencapai pelayanan KB melebihi target provinsi bahkan nasional.

BACA:  Rentan Terpapar Covid-19, Anak Harus Dijaga Saat Bermain di Luar Rumah

“Misalnya Pemkab Luwu berhasil mendaftarkan 1.241 akseptor atau 85,7 persen dari target yang diberikan. Begitu pun yang berhasil diraih Pemkot Palopo,” katanya, Selasa (22/12/2020).

Ia pun berharap, agar kedepan pemerintah terus mendukung program pendataan keluarga yang akan dilaksanakan BKKBN pada April tahun 2021 mendatang.

“Kami juga berharap dukungan dari para kepala daerah pada kegiatan pendataan keluarga yang akan dilaksanakan oleh BKKBN tahun mendatang. Tujuan pendataan ini untuk dijadikan rujukan sumber perencanaan tentang kependudukan dan data keluarga,” ujarnya.

Selain mendapatkan penghargaan kedua daerah ini juga mendapat bantuan Alat Tehnologi Tepat Guna (ATTG).

Walikota Palopo M. Judas Amir, menyampaikan terimakasihnya kepada Perwakilan BKKBN yang telah memberikan piagam penghargaan kepada pemerintah Kota Palopo.

BACA:  Fokus Tangani Stunting, BKKBN Sulsel Libatkan TP PKK

“Semoga ini dapat bermanfaat khususnya bagi masyarakat Kota Palopo. Sekarang, tinggal bagaimana upaya kita untuk memahami dan kita berkewajiban mengimplementasikan dengan baik karena itu semua menjadi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Menurut Judas, prestasi yangh diraih Dinas PPKB merupakan capaian bersama, bukan oleh individu-individu tertentu.

”Ini bukan pencapaian sendiri tapi pencapaian ini tentu dari hasil kerjasama dengan seluruh stakeholder terkait. Tentu kami sangat bersyukur atas pencapaian ini,” tegasnya.

Terpisah, Bupati Luwu Basmin Mattayang mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan.

Dirinya pun akan terus memastikan untuk mendukung program-program pemerintah pusat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia pada umumnya, dan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Luwu khususnya.

BACA:  Rentan Terpapar Covid-19, Anak Harus Dijaga Saat Bermain di Luar Rumah

“Kita terus berupaya bagaimana mewujudkan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kami juga terus bersinergi dengan Tim Penggerak PKK dalam melakukan pembinaan kepada keluarga dan melakukan kontrol terhadap kesehatan keluarga dengan pemberdayaan kader-kader posyandu dan kelompok-kelompok dasawisma yang ada di setiap desa,” kata Basmin.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT