Pemkab Gowa akan Bangun RS Pratama di Bontonompo

Ilustrasi rumah sakit khusus perawatan kanker
Ilustrasi rumah sakit khusus perawatan kanker. (Foto: redaksiindonesia.com)

Gowa, SULSELSEHAT.COM — Dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang paripurna, Pemerintah Kabupaten Gowa akan membangun rumah sakit (RS) pratama.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, rumah sakit ini akan didirikan di Kecamatan Bontonompo.

JANGAN LEWATKAN :

Hal ini dimaksudkan agar mampu melayani masyarakat yang ada di Kecamatan Bontonompo, Bontonompo selatan, Bajeng, Bajeng Barat dan sebagian masyarakat di Kecamatan Barombong.

“Dengan berdirinya rumah sakit ini, maka masyarakat tidak semuanya terpusat dilayani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf. Sehingga seluruh masyarakat kita bisa mendapatkan akses pelayanan yang baik,” ungkapnya, Senin (08/03/2021).

BACA:  Launching Gerakan Sejuta Masker Terapkan Protkes Ketat, Ada Hand Sanitizer di Beberapa Titik

Pembangunan RS pratama didasari atas kondisi jumlah orang yang akan dilayani yang jauh lebih besar dibanding tenaga kesehatan yang melayani.

“Dampaknya karena banyaknya pasien sementara perawat atau dokternya terbatas dan ada rasa capek yang berlebihan dari mereka sehingga kadang membuat perawatnya susah tersenyum. Hal ini pun dinilai masyarakat bahwa pelayanan di rumah sakit sangat kurang baik,” katanya.

Adnan mengaku, pembangunan pada sektor kesehatan menjadi salah satu hak dasar setiap masyarakat. Olehnya sektor tersebut selalu menjadi masuk program prioritas, termasuk hingga di periode kedua masa pemerintahannya ini.

Karena itu, selain pembangunan rumah sakit pratama, tahun ini pihaknya juga akan merenovasi empat puskesmas dengan meningkatkan kapasitas dan fasilitas yang ada di puskesmas tersebut. Bahkan akan didorong menjadi puskesmas percontohan.

BACA:  Pemkab Bentuk Tim Pengawas untuk Wujudkan Gowa jadi Kabupaten Sehat dan Bebas Covid-19

“Renovasi yang dilakukan ini untuk peningkatan kapasitas dan fasilitasnya dalam arti peningkatan gedung dan tempat tidurnya ditambah, begitu pula dengan laboratorium dan alat kesehatannya,” jelasnya.

Dengan penambahan fasilitas tersebut, Adnan berharap, nanti pelayanan masyarakat di daerah berjuluk butta bersejarah itu lebih berbasis puskesmas.

Ia menyebutkan, penambahan fasilitas ini dilakukan untuk mendukung 26 puskesmas rawat inap yang telah dibangun sebelumnya di 18 kecamatan, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

“Kami juga telah menyelesaikan pembangunan RSUD Syekh Yusuf. Untuk sekarang gedungnya sudah selesai 7 lantai. Sisa kita mempersiapkan mengisi RSUD yang 7 lantai itu. Kalau ini sudah siap, maka siaplah untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat,” tutup Adnan.

BACA:  Adnan Harap Perda Wajib Masker Diikuti Daerah yang Jadi Episentrum Covid-19

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT