Dibangun 8 Lantai, RSUD Syekh Yusuf Siap Layani Masyarakat 2022 Mendatang

RSUD Syekh Yusuf
Petugas RSUD Syekh Yusuf saat mengecek kondisi tempat tidur di ruang perawatan kelas 3 sebelum di resmikan. (Foto: Chaerani)

Gowa, SULSELSEHAT.COM — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa akhirnya diresmikan sejak dibangun pada 2017 lalu.

“Empat tahun pembangunan rumah sakit ini akhirnya bisa kita rampungkan, meskipun sepenuhnya ruangan di setiap lantainya belum terisi,” kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, usai meresmikan RSUD Syekh Yusuf, Selasa (09/03/2021).

JANGAN LEWATKAN :

Lanjutnya, meski demikian dirinya telah menginstruksikan agar di tahun ini pihak RSUD sudah melakukan pengisian alat kesehatan dan perlengkapan pendukung lainnya.

BACA:  Ajukan Anggaran Masker Rp 1,6 Juta Perbuah, DPRD Gowa Soroti RSUD Syekh Yusuf

Pada 2022 mendatang, RSUD Syekh Yusuf berlantai delapan ini mulai memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“RSUD Syekh Yusuf ini kita pastikan akan memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna demi mewujudkan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Adnan menegaskan, pembangunan gedung perawatan di RSUD Syekh Yusuf akan terus dilakukan.

Salah satunya akan menjadikan gedung perawatan yang lama sebagai tempat perawatan infeksi center. Misalnya, pasien hepatitis dan penyakit infeksi lainnya akan melakukan proses pengobatan di gedung tersebut.

“Tahun ini kan mengalami refocusing anggaran karena adanya pandemi, termasuk di sektor kesehatan karena difokuskan untuk penanganan Covid-19. Makanya, gedung ini nantinya akan dijadikan gedung perawatan Covid-19 dan pasien infeksi lainnya,” ujarnya.

BACA:  Anggarkan Masker Rp 1,6 Juta Perbuah, RSUD Syekh Yusuf Gowa: Itu Wajar Saja!

Sementara, Pelaksana Tugas Direktur Umum RSUD Syekh Yusuf dr. Hasanuddin mengatakan, untuk total anggaran yang digelontorkan sejak dilakukan pembangunan pada 2017 hingga saat ini sekitar Rp120 miliar.

Sementara untuk total penambahan tempat tidur untuk memenuhi seluruh ruang perawatan yang disiapkan sebanyak 233 tempat tidur.

Ia menjelaskan, RSUD Syekh Yusuf yang berlantai delapan ini akan disiapkan dengan fasilitas terbaik. Antara lain, di lantai satu merupakan lobby bagi pasien, tempat rekam medis, ruang instalasi gawat darurat, dan pelayanan apotik.

Lantai kedua merupakan ruangan poli lengkap, di antaranya poli klinik, poli umum, poli interna, poli bedah, poli gizi dan poli THT.

Lantai tiga merupakan ruang perawatan kelas 3 dengan fasilitas 74 tempat tidur. Lantai empat adalah ruang perawatan kelas 1 dan 2 dengan fasilitas 78 tempat tidur, kemudian di lantai lima merupakan ruang perawatan VIP.

BACA:  Apresiasi Nakes, Aliyah Mustika Ilham Bagikan 1.600 Paket Makanan Tambahan di Gowa

Khusus di lantai enam merupakan ruang perawatan bayi dan anak. Pada ruangan anak disiapkan 36 tempat tidur, sedangkan ruang perinatologi atau pelayanan bayi sakit disiapkan 32 tempat tidur.

Lantai tujuh merupakan perkantoran dan lantai delapan adalah rooftop.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT