Pemkab Gowa Siapkan Layanan Infection Center di RSUD Syekh Yusuf

Ilustrasi layanan infection center di rumah sakit.
Ilustrasi layanan infection center di rumah sakit.

Gowa, SULSELSEHAT.COM — Untuk meningkatkan layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf, Pemerintah Kabupaten Gowa akan membangun infection center di rumah sakit tipe B ini.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, layanan infection center ini akan dibangun di gedung lama RSUD Syekh Yusuf.

JANGAN LEWATKAN :

Pembangunan layanan kesehatan ini nantinya akan difokuskan untuk menangani pasien penyakit infeksi seperti hepatitis, termasuk pasien terpapar virus corona atau Covid-19.

“Penanganan untuk pasien Covid-19 ini kan masih kita lakukan, karena kita belum tahu kapan penularan virus ini berakhir. Sehingga jika layanan infection center ini jadi, kita akan rawat pasien Covid-19 disana,” katanya, Kamis (18/03/2021).

BACA:  Tak Penuhi Syarat, Gubernur NA Batal Divaksin Covid-19

Peningkatan layanan kesehatan memang akan difokuskan tahun ini. Hal ini juga didukung karena penganggaran yang mengalami recofusing difokuskan pada bidang kesehatan, terutama pada penanganan Covid-19.

“Dengan adanya infection center ini maka semua masyatakat Kabupaten Gowa tidak perlu lagi dirawat di Makassar. Termasuk untuk perawatan pasien Covid-19 sehingga tidak perlu dirujuk ke rumah sakit yang ada di Makassar,” ungkapnya.

Infection Center yang akan didirikan di gedung lama RSUD Syekh Yusuf ini berseberangan dengan Gedung Perawatan Ichsan Yasin Limpo yang baru diresmikan beberapa waktu lalu.

Untuk melengkapi layanan infection center ini rencananya akan dilengkapi dengan fasilitas pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) atau pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi material genetik dari sel, bakteri, atau virus.

BACA:  Sekolah Tatap Muka Segera Dimulai, Vaksinasi untuk Guru Bakal Dirampungkan Juni

“Saat ini kan PCR juga digunakan untuk mediagnosis penyakit Covid-19 yaitu dengan mendeteksi material genetik virus corona,” ujarnya.

Sementara, Pelaksana Tugas RSUD Syekh Yusuf dr Hasanuddin menuturkan, infection center akan dibangun tahun ini dengan gedung berlantai dua. Nantinya infection center juga akan menyediakan berbagai kelas perawatan, mulai kelas 2, kelas 3, maupun kelas 4.

“Sementara kita hitung berapa anggaran yang dibutuhkan dan berapa kamar kira-kira yang bisa kita buat nanti,” ujarnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT