Personil Satgas TMMD Kabupaten Gowa Mulai Divaksin Covid-19, dr Gaffar: Tiga Tak Bersyarat

Vaksinasi Covid-19
Salah satu anggota TNI saat melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 di Puskesmas Somba Opu. (Chaerani)

Gowa, SULSELSEHAT.COM — Sejumlah personil Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMDD) Kabupaten Gowa mulai mengikuti vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Somba Opu, Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dr. Gaffar menyebutkan, dari 30 personil Satgas TMMD Kabupaten Gowa yang terdaftar sebagai penerima vaksin Covid-19 pada gelombang ini, hanya 27 yang memenuhi syarat.

JANGAN LEWATKAN :

“Setelah dilakukan proses skrining oleh petugas vaksin, ketiganya tidak memenuhi syarat,” katanya, Minggu (14/03/2021).

Ia mengaku, ketiga orang yang tidak berhasil divaksin ini dikarenakan kondisi kesehatannya kurang baik. Seperti dua personil dalam kondisi batuk-batuk, sementara satunya lagi memiliki gejala batu ginjal

BACA:  12 OTG di Sinjai Tengah Jalani Swab Test di Puskesmas Lappadata

Ia mengungkapkan, vaksinasi Covid-19 untuk tahap kedua memang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat prioritas yakni lansia, serta petugas pelayanan publik.

Mereka terdiri dari aparatur sipil negara (ASN), TNI Polri dan petugas pelayanan publik lainnya.

“Mereka yang divaksin pun harus memenuhi syarat, serta lolos tahap screaning,” ungkapnya.

Sementara untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 lanjutan bagi personil TNI lainnya akan dijadwalkan pada 27 Maret 2021 mendatang di puskesmas yang sama.

Sebelumnya, Dandim 1409 Gowa Letkol Arh. Muh. Suaib mengatakan, puluhan anggota TNI yang mendapatkan vaksin kali ini merupakan personel Yonif 726/Tamalate.

Mereka mendapatkan vaksin di Puskesmas Somba Opu dikarenakan mereka sementara tergabung dalam Satgas TMMD ke-110 Kodim 1409/Gowa di Kampung Allu, Desa Tanakaraeng, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa.

BACA:  Kader PKK di Sulsel Diminta Ajak Masyarakat Berani Vaksin Covid-19

Ia menegaskan, kegaitan vaksinasi Covid-19 tersebut merupakan kegiatan wajib bagi setiap personel TNI. Khususnya di wilayah kerja Kodam 1409 Gowa.

Hal ini sebagai bentuk dukungan anggota TNI kepada pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Gowa.

“Salah satu solusi dalam menekan penyebaran Covid-19 ini salah satunya melalui vaksinasi. Makanya kami telah mengimbau kepada seluruh anggota Kodim 1049 agar ikut menyukseskan vaksinasi ini bagi yang memenuhi syarat,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga mengimbau untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak, menjauhi kerumunan, rajin mencuci tangan dan menggunakan masker.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT