Waspada! Sering Konsumsi Daging Merah Bisa Sebabkan Kanker Prostat

Suasana Webinar Edukasi dengan tema Bersama Kita Kalahkan Kanker Prostat
Suasana Webinar Edukasi dengan tema Bersama Kita Kalahkan Kanker Prostat, Jumat (18/9/2020). (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Kanker prostat merupakan penyakit yang terdapat pada pria berusia di atas 65 tahun. Kanker ini berkembang dalam kelenjar prostat dengan gangguan buang air kecil.

Menurut Urolog dr. Muhammad Asykar A. Palinrungi, Sp.U, salah satu pemicu kanker prostat adalah gaya hidup, seperti sering mengkonsumsi daging merah, hingga kurang mengkonsumsi sayur dan buah.

JANGAN LEWATKAN :

“Hal yang perlu kita sosialisasi ke masyarakat terkait kanker prostat adalah bentuk pencegahannya. Misalnya, jangan sering makan daging merah, perbanyak makan buah dan sayur, serta makan ikan,” katanya di sela-sela Webinar Edukasi dengan tema Bersama Kita Kalahkan Kanker Prostat, Jumat (18/9/2020).

BACA:  Kader PKK di Sulsel Diminta Ajak Masyarakat Berani Vaksin Covid-19

Ia mengatakan, penderita kanker prostat pada tahap awal umumnya tidak menimbulkan gejala apa pun.

Namun ketika kelenjar kanker prostat semakin membesar maka penderita mengalami peradangan, selain itu penderita juga akan merasakan gejala berupa gangguan buang air kecil.

“Kalau sudah terlanjur kena kanker prostat, tidak perlu pembatasan aktifitas. Kecuali yang sudah stadium lanjut, dan yang paling sering berpengaruh ke tulang belakang,” jelasnya.

Sementara Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulsel Lies F Nurdin mengatakan, hampir setiap bulan pihaknya menyelenggarakan penyuluhan mengenai kanker. Termasuk kanker prostat.

Hal tersebut menurutnya perlu dilakukan karena telah menjadi tugas YKI untuk menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat.

“Karena kita punya tujuan, Sulsel harus bebas dari kanker stadium lanjut,” singkatnya.

BACA:  Pandemi Covid-19, YKI Sulsel Ajak Survivor Kanker Terapkan Pola Hidup Sehat

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT