Program S3 FKM Masuk Tahap Asesment oleh LAM-PTKes

Suasana proses asesment kepada prodi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM, Unhas
Suasana proses asesment kepada prodi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM, Unhas oleh LAM-PTKes, Jumat (30/10/2020). (Fofo: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT. COM — Program S3 (doktoral) Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin kini memasuki tahapan asesment oleh Lembaga Akreditasi Mandiri – Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

 

Proses assesment lapangan yang dilakukan via daring menghadirkan Tim Assesor yakni Dewi Susanna dan Mohammad Zen Rahfiluddin. Proses asesment akan berlangsung selama tiga hari kedepan hingga Minggu, 1 November 2020.

JANGAN LEWATKAN :

Dekan FKM Unhas Aminuddin Syam menyampaikan rasa bangga dan senangnya atas kesedian tim assesor untuk melakukan assesment lapangan meskipun harus dilakukan secara daring.

BACA:  Kolaborasi dengan Pemprov Sulsel Atasi Covid-19, FKM Unhas: Kami Punya Kapasitas dan Kompetensi

“Kita harap kegiatan yang menjadi bagian dari sebuah kegiatan akademik ini dapat mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia. Utamanya dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat,” katanya dalam pembukaan, Jumat (30/10/2020).

Ia menyebutkan, program studi dokter kesehatan masyarakat dulunya masih menjadi bagian konsetrasi di Fakultas Kedokteran.

Namun, sejak mendapatkan mandat pada 23 Januari 2014 lalu, akhirnya menjadi satu program studi di Fakultas Kesehatan Masyarakat,Unhas.

Kemudian, pada Desember 2015 menjadi awal visitasi dari program studi tersebut dan memperoleh nilai akreditasi B.

“Upaya peningkatan kualitas terus kita lakukan. Kegiatan ini akan menjadi titik kebangkitan S3 ilmu kesmas di Indonesia,” katanya lagi.

Hal itu lantaran, hanya beberapa perguruan tinggi di Indonesia termasuk di Kawasan Timur Indonesia yang memiliki program doktor ilmu kesehatan masyarakat.

BACA:  Mitigasi Pandemi Covid-19 Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru jadi Tema Webinar FKM Unhas

“Hingga kini, sudah ada 48 alumni berhasil kami hasilkan. Dan semoga kedepannya kualitas alumni kita dapat bersaing di masa akan datang,” tegas Aminuddin.

Sementara, Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu menyampaikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Menurut Prof Dwia, FKM merupakan salah satu fakultas unggulan di Unhas yang secara aktif dan produktif melakukan pembenahan sebagai bagian dalam menghasilkan sumber daya manusia kompeten dan berkualitas.

Saat ini posisi strategis program S3 di Unhas dapat mendukung capain kinerja.

Sehingga, melalui kegiatan ini kualitas sebagai suatu lembaga pendidikan dapat mendorong alumni yang dihasilkan sesuai harapan dan berkontribusi secara nyata dalam masyarakat.

BACA:  Unhas dan YKI akan Wujudkan Sulsel Bebas Kanker Payudara

“FKM salah satu fakultas di Unhas yang mendukung jumlah publikasi Unhas. Peningkatan jumlah publikasi tersebut didukung oleh keterlibatan mahasiswa S2 dan S3,” jelas Prof Dwia.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT