Membanggakan! Prof Husni Tanra Terima Penganugerahan Bintang Jasa Jepang

Prof Husni Tanra
Prof Husni Tanra bersama Prof Idrus Paturusi di suatu acara. (Foto: Dok Pribadi)

Makassar, SULSELSEHAT — Mantan Kepala Bagian Anestesiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Prof. dr. Andi Husni Tanra, Ph.D., SP. An, kembali menorehkan prestasi di kancah internasional.

Kali ini Prof. dr Husni Tandra yang juga Ketua The Association of Medical Doctor of Asia (AMDA) Indonesia berhasil menerima penganugerahan bintang jasa dari Jepang dengan kategori The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon.

JANGAN LEWATKAN :

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Sulselsehat.com, Pemerintah Jepang mengumumkan penganugerahan bintang jasa untuk musim gugur 2020 kepada Prof. dr. Husni Tanra pada 3 November 2020.

BACA:  FK Unhas Gelar Konferensi Internasional Ilmu Kedokteran Hewan

Penganugerahan tersebut diterima atas jasa-jasanya dalam memperkokoh hubungan antara Jepang dan Indonesia, khususnya dalam peningkatan pertukaran akademi dan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

Terpisah, Direktur Komunikasi Universitas Hasanuddin Suharman Hamzah mengatakan, pihaknya mewakili civitas akademika menyampaikan kebanggaan atas apa yang diterima Prof. dr. Husni Tanra.

Apalagi, Prof. dr. Husni Tanra merupakan guru besar Fakultas Kedokteran Unhas sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Unhas.

“Unhas sangat berbangga atas anugerah tersebut. Dorongan dan motivasi Prof. dr. Husni terhadap staf dosen untuk menimba ilmu dan terus menjaga hubungan baik dengan Jepang tidak pernah berhenti hingga kini,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (3/10/2020).

Menurutnya, penghargaan yang diterima Prof. dr. Husni Tanra ini sangat layak melihat sepak terjangnya hingga saat ini.

BACA:  Luar Biasa! Dokter Alumni Asrama Medika Kedokteran Unhas Jadi Kepala Kesehatan Kopassus

Berkat kontribusinya, hubungan baik yang terus dijalin dengan Jepang banyak membantu Unhas dalam membangun jejaring dengan institusi pemerintah, perguruan tinggi dan komunitas masyarakat Jepang lainnya.

“Prof. dr. Husni adalah sosok seorang Dai Senpai (super senior), ini melekat erat di perilaku beliau. Seorang senior yang selalu mengayomi yang muda dengan gaya ramah ala Jepang. Selamat Prof. dr. Husni, anugerah ini tidak mudah tapi sangat layak untuk seorang Husni Tanra Sensei,” ungkap Suharman.

Diketahui, Prof. dr. Husni Tanra juga merupakan mantan profesor emeritus di Universitas Hasanuddin,mantan
Ketua Perhimpunan Alumni dari Jepang (Persada) Sulsel dan Ketua AMDA Indonesia.

Salah satu kontribusi yang diberikan terhadap Jepang yaitu setelah menerima gelar doktor di bidang kedokteran dari Universitas Hiroshima pada 1981, beliau merupakan orang Indonesia yang pertama.

BACA:  1.000 Dosen dan Tendik Unhas akan Divaksin Covid-19

Tak hanya itu Prof. dr. Husni telah memperkenalkan Jepang dalam berbagai kesempatan sambil mengajar di Universitas Hasanuddin. Bahkan ia berperan dalam membantu mahasiswa maupun rekannya melanjutkan pendidikan ke Jepang.

Selain itu, sebagai Ketua Perhimpunan Alumni dari Jepang Sulsel (Persada Sulsel), Prof. dr. Husni berkontribusi meningkatkan hubungan persahabatan antara Jepang dan Sulawesi Selatan.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT