Laboratorium RS Dr Sumantri Parepare Jadi Lokasi Pemeriksaan Sampel Covid-19

Tim Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Sulsel
Tim Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan bersama BBLK Makassar saat melakukan visitasi ke RS Dr Sumantri belum lama ini. (Foto: Dok. BBLK Makassar)

Parepare, SULSELSEHAT. COM — Laboratorium di Rumah Sakit Dr Sumantri Kota Parepare dijadikan salah satu lokasi pemeriksaan sampel virus corona atau Covid-19.

Hal dalam rangka meningkatkan proses pemeriksaan sampel Covid-19, sehingga mempercepat pencarian kontak untuk memutus mata rantai penularan.

JANGAN LEWATKAN :

Apalagi saat ini kasus penularan virus corona Covid-19 di Sulawesi Selatan masih fluktuatif, sehingga upaya-upaya pencegahan penularan virus tersebut masih harus terus dilaksanakan.

Kepala Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar dr. Aswan Usman mengatakan, untuk memastikan laboratorium pemeriksaan sampel Covid-19 di RS Dr Sumantri berjalan maksimal.

BACA:  Tim Gugus Covid-19 Makassar Tindaki Cepat Karyawan Restoran yang Tak Patuh Protkes

Pihak Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan bersama BBLK Makassar melakukan visitasi ke RS Dr Sumantri belum lama ini.

“Kota Parepare saat ini sudah memiliki laboratorium Polimerase Chain Reaction (PCR) untuk pemeriksaan sampel Covid-19,” katanya, Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya, visitasi ini memang merupakan tanggung jawabbBBLK Makassar, yang telah dipercaya untuk membimbing laboratorium-labiratorium yang ada di wilayah binaan untuk dapat berperan dalam pemeriksaaan Covid-19, tentunya dengan melatih sumber daya manusia (SDM) dan memberikan bimbingan tehknis.

Keberadaan laboratorium PCR di Kota Parepare tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menemukan kasus baru secara cepat, sehingga penegakan diagnosa dapat dilakukan dengan tepat.

“Kita berharap dengan adanya pemeriksaan sampel ini, kasus-kasus baru penularan dan penyebaran virus pun dapat dicegah dengan cepat,” katanya lagi.

BACA:  Dinkes Makassar Siapkan 50 Ribu Rapid Test Untuk Ibu Hamil Secara Gratis

Tak hanya itu, Laboratorium RS Dr Sumantri ini juga diharapkan depat selalu meningkatkan jumlah output pemeriksaaan, dan mempersingkat waktu tunggu hasil.

“Termasuk seluruh petugas laboratorium yang bekerja diwajibkan menggunakan alat pelindung diri dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Hal ini perlu dilakukan karena petugas laboratorium pemeriksaan merupakan kelompok yang rentan terpapar Covid-19,” ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun. Termasuk pula mempertahankan pola hidup sehat.

“Ini kunci untuk saat ini dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang masih belum usai,” ujarnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT