Peningkatan Layanan Kesehatan Jadi Prioritas Pembangunan Adnan-Kio di Periode Kedua

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri peresmian RSU Yapika Makassar, 2019 lalu. Sektor kesehatan menjadi hal yang akan diprioritaskan Adnan pada periode kedua kepemimpinannya. (Foto: Istimewa)

Gowa, SULSELSEHAT.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio) kembali memimpin Kabupaten Gowa untuk lima tahun mendatang setelah resmi dilantik Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Jumat (26/2).

Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin daerah berjuluk Butta Bersejarah ini untuk periode kedua. Kepemimpinan Adnan-Kio akan memfokuskan enam program prioritas.

JANGAN LEWATKAN :

“Dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dengan pembangunan yang merata maka kami akan fokus mencanangkan enam program. Seperti berfokus di bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, infrastruktur, pertanian dan UMKM,” katanya usai dilantik, di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Jumat (26/2/2021).

BACA:  Tunggu Hasil Swab, Adnan Tunda Suntik Vaksin Covid-19

Dari 6 program prioritas tersebut salah satunya pada sektor kesehatan. Hal ini penting untuk terus meningkat layanan dan fasilitas kesehatan di Kabupaten Gowa.

“Di bidang kesehatan ini ada beberapa hal yang akan kami lakukan. Mulai dari membangun rumah sakit, merenovasi puskesmas dengan fasilitas dan kapasitas yang lebih baik, serta kegiatan dalam rangka pengembangan SDM kesehatan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, khusus untuk peningkatan layanan di puskesmas. Pihaknya akan merenovasi empat puskesmas sebagai puskesmas percontohan. Puskesmas ini akan dibangun dengan kapasitas dan fasilitas yang lebih besar.

“Peningkatan kapasitas yang dimaksud dengan melakukan perluasan gedung dan fasilitasnya seperti tempat tidur dan alat kesehatan dalam laboratorium dengan alat yang lebih canggih,” terangnya.

BACA:  Tambah Lagi 12 Kasus Baru, Total 615 Positif Covid-19 di Gowa

Tak hanya itu, di tahun pertama kepemimpinannya pihaknya menargetkan dapat merampungkan pembangunan renovasi RSUD Syekh Yusuf berlantai 7 dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap pula.

“Dengan peningkatan layanan yang berkualitas maka akan terbentuk masyarakat yang lebih sehat,” ujarnya.

Hal lainnya yang diprioritaskan adalah penanganan stunting di beberapa lokus serta kegiatan vaksinasi Covid-19 dalam rangka menekan penularan virus.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan, pelantikan kepala daerah se-Sulawesi
Selatan ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.73-356 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Sulawesi Selatan.

BACA:  Peringati HAN di Tengah Covid-19, Adnan: Anak Harus Sehat dan Kreatif

“Ada 11 kepala daerah yang kita lantik sesuai pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 lalu,”katanya.

Gubernur Nurdin Abdullah yang melantik atas nama Presiden RI Jokowi menyatakan harapan agar para pimpinan daerah dapat terus menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Menjalankan tanggung jawab sebagai kepala daerah dalam membangun daerah dan mewujudkan kesejahteraan rakyatnya.

“Saya percaya seluruh kepala daerah yang dilantik hari ini dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” ujarnya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT