Update Covid-19: Pertama Kali, Tidak Ada Kasus Baru Positif di Kabupaten Gowa

Pandemi COVID-19

Gowa, SULSELSEHAT — Sepanjang penyebaran kasus positif virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Gowa untuk yang pertama kalinya tidak ada kasus baru.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten pada Rabu, 15 Juli 2020 penyebaran kasus baru zero (0) dari hari sebelumnya sebanyak 10 kasus. Begitupun pada pasien sembuh, meninggal dan di rawat tidak terlihat adanya penambahan.

JANGAN LEWATKAN :

Hingga saat ini pasien positif Covid-19 yang tercacat di Kabupaten Gowa sebanyak 673 orang, kemudian untuk pasien dirawat sebanyak 524 orang.

BACA:  Derita Bukan Karena Covid-19

Selanjutnya pada pasien meninggal dunia akibat Covid-19 tercacat sebanyak 26 orang, dan 121 orang pasien sembuh. Sedangkan dua pasien tercacat melakukan isolasi mandiri.

Kepala Bidang Pengendalian, Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Gowa dr Gaffar mengatakan, hasil dari uji swab melalui polymerase chain reaction (PCR) di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan ( BTKL) Makassar hasilnya negatif.

“Ada 7 pasien kita periksa swabnya dan hasilnya negatif semua. Masih banyak sampel yang ngantri, karena laboratorium di BPOM yang selama ini sampel pasien asal Gowa diperiksa lagi off sementara waktu,” katanya saat dikonfirmasi Sulselsehat.com, Kamis (16/07/2020).

Dalam menekan angka positif Covid-19 di Kabupaten Gowa, pemerintah daerah melalui tim gugus kabupaten melakukan upaya massif dalam hal tracking dan testing. Termasuk pula memperkuat edukasi terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

BACA:  Rapid Test Covid-19 Untuk Syarat Perjalanan Dinilai Epidemiolog Tak Efektif, PB IDI Sebut Begini..

“Kita harap dengan kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitasnya, apalagi setelah digalakkannya aksi sejuta masker bisa menekan angka positif di wilayah ini,” harapnya.

Kemudian berdasarkan data yang ada, distribusi penyebaran kasus positif Covid-19 terbanyak di 18 kecamatan di wilayah Kabupaten Gowa yaitu Kecamatan Somba Opu sebanyak 240 kasus, Kecamatan Pattallassang sebanyak 148 kasus, Kecamatan Pallangga sebanyak 120 kasus dan Kecamatan Bajeng sebanyak 40 kasus.

Selanjutnya jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) atau kontak erat sebanyak 556 orang dan Pasien dalam Pengawasan (PDP) atau kasus suspek sebanyak 318 orang.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT