PHBS, Kunci Utama Masyarakat Desa Bontoramba Gowa ‘Zona Hijau’ Covid-19

Ilustrasi gerakan hidup sehat
Ilustrasi gerakan hidup sehat (Foto: dara.id)

Gowa, SULSELSEHAT — Desa Bontoramba yang merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa menjadi daerah hijau atau terkendali dari penyebaran virus corona atau Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan melibatkan seluruh unsur secara bersama-sama. Baik pemerintah desa, kecamatan, terutama masyarakat secara keseluruhan.

JANGAN LEWATKAN :

Pelaksana Tugas Kepala Desa Bontoramba Sachrial menjelaskan, wilayahnya menjadi salah satu daerah yang angka pasien terkonfirmasinya sedikit jika dibandingkan desa-desa lainnya.

Hal ini karena prinsip masyarakat yang terus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

BACA:  Menahan Laju Covid-19 di Kota Makassar

“Perilaku hidup sehat ini termasuk dengan meningkatkan imunitas tubuh. Dimana kita mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi makanan bergizi,” jelasnya kepada Sulselsehat.com, Kamis (12/8/2020).

Dengan sosialisasi yang dilakukan secara berkesinambungan serta komitmen pemerintah maka secara perlahan kesadaran pun mulai terbangun secara keseluruhan.

“Untuk mempertahankan desa kami tetap di zona hijau, kami selalu mengikuti imbauan untuk tetap menjaga protokol kesehatan,” ungkapnya.

Baik dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan terutama meningkatkan imun dengan mengkonsusmsi makanan bergizi tinggi agar imunnya bisa lebih kuat dalam menangkal virus masuk kedalam tubuh, termasuk Covid-19.

Sementara Warga Desa Bontoramba Muliati (40) mengaku, kesadaran masyarakat terbangun karena komitmen pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Termasuk untuk mempertahankan agar desa tersebut tetap bebas dari Covid- 19.

BACA:  9 Puskesmas di Kota Makassar Jadi Lokasi Vaksinasi Covid-19

“Kita selalu berharap masyarakat dan pemerintah terus bersinergi,” harapnya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT